Connect With Us

MRT Jajaki Bangun Fase 3 Hubungkan Cikarang Bekasi- Balaraja Tangerang

Tim TangerangNews.com | Jumat, 1 April 2022 | 14:19

PT MRT Jakarta (Perseroda) menjajaki kerja sama pembangunan serta pengembangan fase 3 MRT dengan PT Jababeka dan PT Jasa Sarana. (@TangerangNews / Antara/HO-MRT Jakarta)

TANGERANGNEWS.com-PT MRT Jakarta (Perseroda) menjajaki kerja sama dengan  PT Jababeka dan PT Jasa Sarana untuk membangun dan mengembangkan fase 3 trase Timur-Barat yang menghubungkan Cikarang (Kabupaten Bekasi, Jawa Barat) - Balaraja (Kabupaten Tangerang, Banten).

“Kerja sama dengan PT Jababeka pembangunan fase 3 itu meliputi juga pengembangan kawasan berorientasi transit (transit oriented development/ TOD) di wilayah Bekasi (Jababeka), Jawa Barat,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar dalam keterangannya, Jumat 1 April 2022.

Sedangkan, penjajakan kerja sama dengan PT Jasa Sarana terkait rencana pengusahaan transportasi massal berbasis rel, pengembangan kawasan, dan pengelolaan sampah terintegrasi di kawasan stasiun dan TOD.

William mengatakan, kerja sama ini akan melingkupi pembahasan atau pertukaran informasi terkait penyediaan lahan untuk pembangunan stasiun di jalur timur-barat MRT (Cikarang-Balaraja), termasuk pengembangan kawasan TOD dan potensi investasi 'mixed use' oleh PT Jababeka dan pengelolaan sampah di kawasan TOD, dan Stasiun MRT oleh PT Jasa Sarana.

“Pengembangan jaringan MRT Jakarta, ke depannya akan banyak merangkul berbagai pihak sehingga tidak lagi mengandalkan ‘donor’ tunggal seperti sekarang ini,” tutur Willian.

Oleh karena itu, PT MRT Jakarta membuka kesempatan kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dalam membangun dan mengembangkan jaringan MRT.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq mengatakan, pihaknya yang merupakan BUMD Pemprov Jawa Barat bidang pembangunan infrastruktur dan pengembangan kawasan, menyambut baik peluang kemitraan yang ditawarkan oleh PT MRT Jakarta, terutama dengan adanya rencana perluasan cakupan MRT ke wilayah Jawa Barat.

BUMD PT Jasa Sarana siap berperan serta berkolaborasi baik dengan PT MRT Jakarta dan PT Jababeka sesuai kompetensinya pada pengusahaan transportasi, pengembangan kawasan, dan pengelolaan sampah terintegrasi terutama pada kawasan TOD di wilayah Jababeka. “Kami optimis ini akan bermanfaat dan menguntungkan semua pihak," ujar Hanif.

Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tjahjadi Rahardja mengapresiasi dan berterima kasih karena menjadi swasta pertama yang diberikan kesempatan untuk menjajaki kerjasama dengan MRT Jakarta, menyebut bahwa kolaborasi ini sejalan dengan transformasi yang tengah Jababeka ciptakan di kawasan Jababeka.

"MRT telah beroperasi selama tiga tahun sejak Maret 2019. Kami menyambut baik rencana kolaborasi ini, karena sejalan dengan transformasi yang kami usahakan di Kawasan Kota Jababeka yakni mengubahnya menjadi kota dengan tata kota berkonsep Transit Oriented Development (TOD City)," ungkap dia.

Direktur PT Jababeka Sutedja Sidarta Darmono menyebutkan bahwa upaya transformasi ini karena pihaknya melihat moda-moda transportasi dan pengembangan infrastruktur yang sejumlah titik simpul pertemuannya berujung atau bermula di Kawasan Kota Jababeka.

Sutedja menyebutkan, sedikitnya terdapat 10 pembangunan infrastruktur modern yang akan ada di sekitar Kawasan Jababeka, seperti stasiun dan jalur KRL Commuter Line, Elevated Highway Jakarta-Cikampek, jalan tol JORR II, MRT fase III Cikarang-Balaraja, LRT Jakarta-Cikarang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban serta Bandara Internasional Kertajati. 

Sejauh ini, menurut dia, Jababeka sebagai kawasan TOD telah eksis dengan hadirnya transportasi publik dengan layanan Jabodetabek Airport Connexion, Jabodetabek Residence Connexion, Bus AKDP di Hollywood Junction, kemudian dalam waktu dekat, akan ditambah layanan Shuttle Bus Damri dengan rute Stasiun Cikarang ke Hollywood Junction.

"Kami optimistis ini akan memberi manfaat dan keuntungan semua pihak," kata Sutedja yang juga Presdir Jakarta Residence ini.

Diketahui, kesepakatan tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh pihak MRT Jakarta dengan PT Jasa Sarana dan MRT Jakarta dengan PT Jababeka pada Kamis 31 Maret 2022.

Rencananya nota kesepahaman dengan PT Jababeka akan berlangsung selama dua tahun ke depan, dan dengan PT Jasa Sarana akan berlangsung selama satu tahun ke depan.

PROPERTI
Kolaborasi dengan Jasa Marga, Paramount Petals Hadirkan Hunian Permium 2 Lantai

Kolaborasi dengan Jasa Marga, Paramount Petals Hadirkan Hunian Permium 2 Lantai

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:08

Paramount Petals, pengembang kota mandiri seluas 400 hektar di Curug, Kabupaten Tangerang, kembali menghadirkan hunian premium terbarunya.

NASIONAL
GEAS PLN Siap Sediakan Energi Hijau untuk Sektor Industri Indonesia

GEAS PLN Siap Sediakan Energi Hijau untuk Sektor Industri Indonesia

Rabu, 17 Juli 2024 | 17:04

PT PLN (Persero) bertekad untuk memenuhi kebutuhan listrik ramah lingkungan bagi sektor industri di Indonesia melalui layanan Green Energy as a Service (GEAS).

WISATA
Pop Hotel Bandara Soekarno-Hatta Tawarkan Promo Relax & Enjoy Package untuk Wisatawan

Pop Hotel Bandara Soekarno-Hatta Tawarkan Promo Relax & Enjoy Package untuk Wisatawan

Rabu, 17 Juli 2024 | 15:29

TANGERANGNEWS.com-Liburan musim sekolah di Indonesia telah usai, namun bukan menjadi hambatan bagi wisatawan asing atau lokal yang berlibur ke luar.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajar Wajib Tahu, 5 Tips Beradaptasi di Sekolah Baru

Pelajar Wajib Tahu, 5 Tips Beradaptasi di Sekolah Baru

Senin, 15 Juli 2024 | 08:34

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk beberapa jenjang telah selesai dilaksanakan. Selanjutnya, para calon peserta didik biasanya akan mengikuti kegiatan MPLS terlebih dahulu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill