Connect With Us

Mudahkan Warga Banten Bayar Retribusi, Bank BJB Luncurkan Aplikasi SIREDA

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 1 Maret 2023 | 18:35

Bank BJB launching aplikasi SIREDA di Le Dian Hotel & Cottages, Kota Serang, Banten, pada Rabu 1 Maret 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Bank BJB memberikan kemudahan bagi warga Banten membayar retribusi melalui aplikasi SIREDA (Sistem Retribusi Daerah), sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Aplikasi SIREDA ini di-launching di Le Dian Hotel & Cottages, Kota Serang, Banten, pada Rabu 1 Maret 2023 

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan pihaknya sebagai mitra strategis senantiasa mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam meningkatkan pendapatan daerah, melalui inovasi dan digitalisasi.

Sebelumnya, Bank BJB sukses dengan Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui aplikasi Samsat Banten Hebat (SAMBAT).

"Kini Bank BJB kembali mengoptimalkan penerimaan daerah dalam hal retribusi Provinsi Banten, bekerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten," katanya.

Aplikasi SIREDA merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan wajib retribusi melalui Bendahara Dinas Penghasil Retribusi, untuk melakukan pembayaran retribusi daerah provinsi secara online.

Aplikasi ini berfungsi untuk memperoleh Kode Bayar dengan terlebih dahulu melakukan Pendaftaran/registrasi.

"Bank BJB bersama Pemprov Banten terus mengembangkan inovasi sehingga memudahkan warga melakukan pembayaran retribusi daerah di Provinsi Banten melalui aplikasi SIREDA," ujar Widi.

Saat ini sudah cukup banyak channel pembayaran yang dapat memudahkan warga melakukan pembayaran melalui seluruh jaringan kantor dan jaringan elektronik Bank BJB (teller, ATM, dan bjb Digi).

Selain itu, warga juga dapat melakukan pembayaran melalui QRIS bank bjb yang dapat dibayarkan melalui seluruh jenis uang elektronik, serta Virtual Account yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh nasabah maupun non nasabah Bank BJB.

Hal tersebut merupakan komitmen Pemprov Banten, khususnya Bapenda bekerjasama dengan Bank BJB untuk melakukan dan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat atau Wajib Retribusi secara cepat, tepat, akurat.

Selanjutnya juga memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran retribusi, serta dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah dan meningkatkan indeks capaian Elektronifikasi Transaksi Pendapatan Daerah (ETPD) di Provinsi Banten.

"Bank BJB senantiasa berinovasi demi memberikan dampak baik dalam transparansi transaksi publik, untuk mendukung program pemerintah, dan juga membantu memberikan keamanan serta kenyamanan bagi wajib retribusi yang akan melakukan transaksi pembayaran retribusi," kata Widi.

Diketahui, hadir dalam acara tersebut Kepala Bapenda Provinsi Banten Opar Sohari, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid, Deputy Direktur KPw BI Provinsi Banten Agus Hartanto, Deputy Regional IV Bank BJB Iwan Prastyo dan Pemimpin Bank BJB Cabang Khusus Banten Ujang Aep Saepullah.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Senin, 29 April 2024 | 06:04

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan untuk wilayah Tangerang pada Senin, 29 April 2024.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill