Connect With Us

Cegah Kecurangan dan BBM Tercampur, Polresta Tangerang Uji Takar SPBU di Jalur Mudik

Yanto | Sabtu, 6 April 2024 | 16:11

Aparat Polresta Tangerang uji takar BBM di SPBU kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, saat musim mudik Lebaran, Sabtu 6 April 2024. (@TangerangNews / Yanto)

TANGERANGNEWS.com-Polresta Tangerang mengecek takaran BBM yang dijual di SPBU di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, memasuki arus mudik Lebaran, Sabtu 6 April 2024.

Kanit Krimsus Satreskrim Polresta Tangerang Iptu Prasetya Bima Praelja mengatakan, pengecekan tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya praktik kecurangan kepada masyarakat, terutama yang hendak mudik.

"Untuk hari ini kami melaksanakan pengecekan di tiga SPBU, yakni di wilayah Bojong, Cikupa, Kabupaten Tangerang," ujar Prasetya.

Menurutnya pengecekan dilakukan secara menyeluruh, mencakup alat ukur dan dispenser pengisian, serta tangki penyimpanan BBM di setiap SPBU yang ada.

Selain mengecek ketersediaan BBM dari Pertamina, aparat kepolisian turut memastikan mesin dispenser pengisian dalam kondisi normal.

Pemeriksaan juga dilakukan demi memastikan tidak adanya alat-alat yang dapat memodifikasi takaran ataupun keaslian bahan bakar yang tersedia.

"Pengecekan ini kita lakukan sebagai mengantisipasi kecurangan takaran dan memastikan kualitas BBM yang akan disalurkan ke masyarakat tidak tercampur dengan bahan apapun," kata Prasetya.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau para pengusaha SPBU untuk tidak mengutak-atik takaran di mesin pompa BBM, serta menjamin tidak tercampur air maupun kontaminasi lainnya.

Sebab, jajaran Polresta Tangerang bakal menindak tegas petugas SPBU yang melakukan praktik kecurangan pengisian BBM, saat berlangsungnya arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Tentu kami menegaskan jika terdapat pemilik dan operator SPBU yang menjual BBM bersubsidi, tapi tidak sesuai dengan harga ketentuan dari pemerintah, akan dilakukan tindakan tegas," ujar Prasetya.

Pihaknya juga akan terus melakukan patroli dialogis terhadap pemilik SPBU, sebagai langkah antisipasi dalam menghindari terjadinya gangguan Kamtibmas.

"Bagi masyarakat yang mengetahui adanya kecurangan di SPBU diharapkan bisa melapor ke polisi, agar kita nantinya bisa menindaklanjuti proses penyelidikan," jelasnya.

BANTEN
May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 19:47

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, dengan mancing bersama buruh Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 1 Mei 2024.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

KAB. TANGERANG
Pj Bupati Tangerang Sebut May Day Jadi Momen Pererat Hubungan Buruh dan Pengusaha

Pj Bupati Tangerang Sebut May Day Jadi Momen Pererat Hubungan Buruh dan Pengusaha

Kamis, 2 Mei 2024 | 00:50

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menyebut peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2024, menjadi momen merekatkan hubungan antara buruh dengan pengusaha, hingga pemerintah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill