Connect With Us

Minat Baca di Kabupaten Tangerang Hanya 49 Persen

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 17 April 2024 | 15:46

Pj Bupati Tangerang Andi Ony membuka Tangerang Gemilang Book Fair di Mal Ciputra Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Rabu 17 April 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengatakan budaya membaca masyarakat di Kabupaten Tangerang masih sekitar 49 persen.

"Hasil survei kegiatan membaca di Kabupaten Tangerang itu baru diangkat 49,93% dan perlu ditingkatkan di atas 50% kedepannya," katanya saat membuka Tangerang Gemilang Book Fair di Mall Ciputra Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Rabu 17 April 2024.

Untuk itu, inovasi dan terobosan baru untuk meningkatkan budaya membaca perlu terus dilakukan serta dikembangkan, dengan menggandeng pihak swasta maupun komunitas.

Salah satunya seperti event Tangerang Gemilang Book Fair yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang selama 17 April sampai 17 Mei 2024. 

"Dengan inovasi kegiatan seperti ini yang dicampur dengan berbagai kegiatan-kegiatan seperti pameran buku ini, literasi dan minat membaca masyarakat dapat semakin meningkat," kata Pj Andi Ony

Menurutnya, Tangerang Gemilang Book Fair merupakan partisipasi Pemkab Tangerang dalam menjalankan amanat UU 43/2007 tentang perpustakaan, untuk mendukung kegiatan literasi atau kegiatan membaca menjadi sebuah budaya di masyarakat.

"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dan upaya dari Dinas Perpusip untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat, dan juga bukan merupakan bentuk pameran buku saja, namun ada kolaborasi dengan komunitas-komunitas yang lainnya, untuk membuat acara dan kegiatan semenarik mungkin," ungkapnya

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang Nurul Hayati mengungkapkan kegiatan tersebut digelar selama 1 bulan penuh, dengan menggandeng berbagai komunitas dan pihak Mal Ciputra Citra Raya

"Kegiatan ini bukan hanya pameran buku semata, namun ada perlombaan seperti lomba bertutur SD dan SMP, bercerita SD dan SMP, kemudian juga ada lomba melukis," ungkapnya.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TANGSEL
Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Senin, 29 April 2024 | 14:54

Seorang pemotor tewas di tempat usai menabrak dump truk yang sedang parkir di pinggir Jalan Raya Taman Tekno Widya, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill