Connect With Us

Surat Suara Mulai Dilipat

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 2 Maret 2014 | 17:26

KPU Kota Tangerang Mulai Terima Logistik Pemilu (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

 
TANGERANG-Menjelang Pemilu Legislatif 2014, KPU Kota Tangerang telah menerima surat suara sebanyak 5.200.000 lembar.

Surat suara tersebut, kini sedang dilipat oleh tenaga lepas di gudang logistik KPU Kota Tangerang yang berlokasi di Pergudangan Bandara Mas, Kecamatan Neglasari.

Ketua Divisi Logistik KPU Kota Tangerang Nurhalim mengatakan, surat suara Pileg telah diterima KPU sejak tanggal 19 Februari 2014. Hari ini, pihaknya mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pileg DPR, DPD, DPRD Provinsi Banten dan DPRD Kota Tangerang.

"Untuk melakupan pelipatan, kita membedayakan warga sekitar sebanyak 170 orang dengan upah Rp 115 per lembar," ujarnya, Minggu (2/3).

Untuk surat suara yang rusak, menurut Nurhalim belum diketahui secara pasti. "Memang ada beberapa yang cacat, seperti bernoda. Tapi masih kita sortir, nanti setelah pelipatan selesai kita hitung semua," katanya.

Dalam proses pelipatan tersebut, KPU melibatkan petugas kepolisian dan Panwaslu Kota Tangerang. Selain itu, warga yang melakukan pelipatan surat suara tidak boleh memabwa HP dan tas. "Area harus teril dan pengawasan tetap dilakukan untuk menjaga keamanan," ujarnya.

Ditambahkan Nurhalim, proses pelipatan surat suara akan memakan waktu sekitar 15-20 hari. Setelah selesai, pihaknya kan langsung mendistribusikannya ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Sementara untuk kotak dan bilik suara, sudah didistribuikan ke PPK sejak Sabtu (1/3) kemarin.

"Pendistribusian kotak dan bilik dilakukan bertahap. Saat ini baru ke dua Dapil (Daerah Pemilihan), yakni Dapil I seperti Tangerang dan Karawaci dan Dapil II seperti Periuk dan Cibodas," ujarnya.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane mengatakan, jumlah surat suara Pileg sebanyak 5.200.000 lembar, di antaranya 4.936.576 lembar merupakan surat suara yang digunakan dan sisanya sebanyak 263.424 lembar surat suara cadangan. "Surat suara tersebut untuk kebutuhan sekitar 1,2 juta DPT," ujarnya.

Sedangkan untuk kotak suara berjumlah 12.876 kotak dimana 8.437 kotak di antaranya berbahan kardus dan sisanya alumunium. Untuk bilik suara ada sebanyak sebanyak 9.657 bilik,yang teridri dari  3.523 unit bilik suara kardus dan 6.134 unit berbahan alumunium. "Kotak dan bilik tersebut akan didistribusikan ke 3.219 TPS," papar Pane.
AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

HIBURAN
Beda Agama, Ketua MUI Sebut Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Tidak Sah

Beda Agama, Ketua MUI Sebut Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Tidak Sah

Sabtu, 4 Mei 2024 | 09:28

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis mengomentari pernikahan beda agama antara pasangan musisi Rizky Febian dengan Mahalini.

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill