Connect With Us

Jadi penyebab banjir, Kali Sabi bakal diturab Rp100 Miliar

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 3 Desember 2014 | 17:47

Arief saat melakukan monitoring ke Kali Sabi, Periuk, Kota Tangerang, Rabu (03/12/2014) (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Kali Sabi yang menjadi salah satu penyebab banjir di sejumlah wilayah Kota Tangerang akan diturab pada awal tahun 2015. Penuraban kali sepanjang 850 meter ini menelan dana Rp 100 miliar dari APBN.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, penuraban tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat untuk mengendalikan banjir di wilayah Pondok Arum, Periuk Jaya, Benua dan Taman Cibodas, yang kerap terjadi saat musim hujan.

"Pemerintah pusat yang bangun turabnya," katanya saat melakukan monitoring ke Kali Sabi, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Rabu (03/12).

Selain itu, Pemerintah Kota Tangerang juga menanggarkan dana pendampingan sebesar Rp 25 miliar untuk program pengendalian banjir di Kali Sabi dan sekitarnya.
Dana tersebut akan digunakan untuk membangun tunnel yang melintasi Kali Sabi dan Kali Cisadane bagian barat.

"Kita juga akan bangun kolam retensi seluas 6,75 hektare, tapi masih kita kaji, karena lokasinya di lahan milik PT Jamsostek," jelas Arief.

Arief optimis, dengan adanya upaya pembangunan infrastruktur ini bisa mengatasi banjir 100 persen dalam kurun waktu 3-4 tahun.
Apalagi pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang juga membantu memuat sodetan Kali Sabi dari sekitar Lippo hingga ke Danau Kelapa Dua.

"Dengan begitu air dari Kabupaten Tangerang tidak masuk ke Kota Tangerang. Itu sudah banyak mengurangi debit air yang melintas di Kali Sabi," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangerang Nana Trisyana mengatakan, untuk pembangunan turab Kali Sabi, perlu dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu. Pihaknya tengah menghitung bidang tanah yang terkena proyek tersebut. "Masih didata, tapi kebanyakan yang ada tanah milik pabrik," jelasnya.
MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill