Connect With Us

Dana Perbaikan Jalan di Kota Tangerang Rp256 Miliar

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 22 Januari 2015 | 19:42

Jalan Rusak di Poris Raya, Cipondoh, Kota Tangerang. Warga berharap Pemkot Tangerang segera melakukan perbaikan. (Wali / TangerangNews)

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang menyediakan anggaran sebesar Rp256,65 miliar untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan pada tahun 2015.
 
Menurut Sekretaris Dinas (Sekdis) Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Herry C Trunajaya, berdasarkan data per Januari 2015 ini, ada sekitar 1.400 kilometer jalan lingkungan, 600 kilometer jalan kota, 28 kilometer jalan provinsi dan 18 kilometer jalan nasional yang memerlukan perawatan secara berkala.
 
"Presentase kerusakan jalan di Kota Tangerang masih di bawah 2 persen. Untuk jalan yang rusak berat ditangani dengan peningkatan, rusak ringan dilakukan pemeliharaan berkala dengan cara tambal sulam," pungkasnya, Kamis (22/1).
 
Sementara Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang, Nana Trisyana menjelaskan, bahwa anggaran yang disediakan tahun ini selain digunakan untuk membangun jalan baru, juga dialokasikan untuk pemeliharaan jalan secara berkala serta peningkatan jalan lingkungan.
 
"Pemkot berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan ideal infrastruktur sesuai dengan rencana tata ruang dan tata wilayah (RTRW) Kota Tangerang," ujarnya
 
Sementara itu, terkait dengan banyaknya ruas jalan yang mesti ditingkatkan sesuai dengan kelasnya, Nana mengaku semua itu butuh proses dan anggaran yang tidak sedikit.
 
"Standar jalan yang masuk kategori jalan kota yaitu memiliki lebar 3,5 meter setiap lajurnya. Namun hal itu masih belum bisa tercapai. Salah satu kendalanya yaitu, semakin terbatasnya lahan di Kota Tangerang," kata Nana.
 
Dijelaskannya, Jalan Raya HR Rasuna Said adalah jalan tipe c atau hanya bisa dilintasi kendaraan kecil dan pribadi dengan lebar hanya 6 meter. Tapi sekarang sudah jadi akses utama yang menghubungkan wilayah Kota Tangerang dengan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bahkan sudah dilewati oleh berbagai jenis kendaraan dengan tonase lebih dari delapan ton.
 
"Guna mengetahui kondisi jalan di seluruh wilayah Kota Tangerang, setiap tahunnya kami melakukan survei pemeliharaan jalan seperti pengumpulan data inventarisasi jalan yang meliputi fungsi jalan, data lalu lintas, bangunan pelengkap jalan, data lalu lintas, data geometrik jalan data konstruksi pengerasan yang ada dan data lingkungan terakhir dari masing-masing ruas jalan," jelasnya.
 
BANTEN
May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 19:47

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, dengan mancing bersama buruh Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 1 Mei 2024.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

KOTA TANGERANG
Peringatan May Day, Ratusan Buruh di Kota Tangerang Ikut Senam dan Bagi-Bagi Doorprize

Peringatan May Day, Ratusan Buruh di Kota Tangerang Ikut Senam dan Bagi-Bagi Doorprize

Rabu, 1 Mei 2024 | 17:01

Dalam rangka Hari Buruh (May Day) yang diperingati 1 Mei, ratusan perwakilan buruh dan serikat pekerja mengikuti kegiatan senam hingga pembagian doorprize di Kota Tangerang.

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill