Connect With Us

Pengawasan Hewan Kurban Diperketat

| Kamis, 5 November 2009 | 20:34

TANGERANGNEWS-Dinas Pertanian Kota Tangerang memperketat pemeriksaan hewan kurban yang masuk di wilayah Kota Tangerang menjelang hari raya Idul Adha. Pemeriksaan ini bertujuan menghindari peredaran hewan kurban menghidap penyakit. Kepala Dinas Pertanian Kota Tangerang Epen Efendi mengatakan, pihaknya akan memeriksa secara detail kelengkapan dokumen dan sertifikat tentang kesehatan hewan kurban dari tempat asalnya. “Surat kesehatan sangat penting sekali, sebagai bahan acuan, apakah hewan tersebut mengalami gangguan penyakit atau tidak,” katanya. Menurutnya, pemeriksaan tersebut sangat penting dilakukan, mengingat hewan-hewan dari luar kota seperti Bogor dan Purwakarta memang rentan dengan penyakit. “Daerah inilah yang tergolong sebagai daerah endemis, khususnya penyakit antraks,” terang Epen. Sedangkan, jika ditemukan perbedaan terhadap hewan-hewan tersebut, maka akan langsung dilakukan pemeriksaan secara tersendiri. “Pemeriksaan tersendiri ini sangat di khususkan bagi hewan-hewan yang mengalami gangguan kesehatan. Ini pun dapat dilihat dengan kasat mata,” tambah Epen. Untuk pengawasan, kata Epen, Dinas Pertanian juga bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengawasi diberbagai lapak penjualan. “Tim ini akan difungsikan untuk memantau kesehatan dari hewan-hewan kurban di berbagai lapak penjualan,” ujarnya. Selain itu, diperkirakan harga hewan kurban yang masuk ke wilayah Kota Tangerang akan naik sebesar 10 persen. Kenaikan tersebut terjadi tiap tahun. Pada tahun 2008 lalu, hewan kurban yang masuk ke kota Tangerang sebanyak 13 ribu hewan.(rangga)
BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill