Connect With Us

2011, Pemkot Kerjakan Proyek Penanganan Wilayah Langganan Banjir

| Jumat, 31 Desember 2010 | 18:37

Warga menonton banjir di Ciledug (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang bersama dengan Pemrov Banten, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane serta Departemen Pekerjaan Umum akan mulai membuat turab untuk menangani beberapa titik wilayah langganan banjir di Kota Tangerang. Turab tersebut akan dibangun sepanjang 20 Kilometer dari perbatasan Daerah Khusus Ibukota (DKI), Bendung Polor hingga Wisma Tajur.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang  Suparman Iskandar bahwa Pemerintah Pusat telah menanggarkan Rp 600 miliar untuk penuraban sepanjang 20 kilometer.

“Dari 20 kilometer panjang turab tersebut, sepanjang 10 kilometernya masuk ke wilayah Kota Tangerang, sehingga untuk pengerjaan penuraban di kota Tangerang anggarannya sekitar Rp 300 miliar. Proyek penuraban akan dimulai pada tahun 2011 dan akan rampung pada tahun 2014 mendatang,” ungkapnya.

Untuk sistem penurapan atau rencana konstruksinya, lanjut Suparman, yakni dengan penanaman tiang pancang disepanjang bibir sungai.  Pemkot sendiri mempunyai tugas untuk melakukan sterelisasi sepanjang bibir sungai dan melakukan pengamanan tanah dengan membongkar bangunan yang memang telah melanggar ketentuan Garis Sepadan Sungai (GSS).

Selain penuraban, Pemkot juga akan melakukan beberapa program penanggulangan banjir yang dianggarkan dari APBD kota Tangerang tahun 2011, diantaranya adalah normalisasi dan penurapan sungai-sungai yang tidak dicover program pusat dengan anggaran 5Rp ,6 Miliar, perbaikan turap bocor sebesar Rp 1,3 Miliar, perbaikan pintu air sebesar Rp 367 juta, perbaikan pompa dan pemeliharaan sebesar Rp 1 Miliar, rehap kolam serapan Rp 1,5 Miliar.

 “Kita juga akan melakukan sodetan sungai untuk tahun 2011, seperti sungai cantika akan disodet ke Cisadane, semoga saja dengan adanya sodetan ini bila air tinggi bisa masuk ke sungai yang lebih luas, sehingga dengan demikian kemungkinan meluap akan berkurang,” jelas

Berdasarkan data, tercatat 11 titik di Kota Tangerang yakni di perumahan Wisma Tajur dan Puri
Kartika yang terletak di Kecamatan Ciledug, Griya Kencana 2, Ciledug Indah 1 dan 2, Komplek Departemen Dalam Negeri, Duren Vila, Pondok Bahar di Kecamatan Karang Tengah, kemudian Perumahan Pinang Griya dan Pinang Indah di Kecamatan Pinang, serta Kampung Candulan Kelurahan Petir Kecamatan Cipondoh menjadi langganan banjir.(rangga zuliansyah)

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill