Connect With Us

Cemari Lingkungan, 60 % Industri di Kota Tangerang Terancan Ditutup

| Senin, 24 Januari 2011 | 18:31

Kepala BPLH Kota Tangerang Roostiwie (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Sekitar 60 persen dari 2.000 industri di Kota Tangerang mencemari sejumlah sungai dengan limbah cairnya. Badan Pengawasan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Tangerang menilai, pencemaran lingkungan itu telah melanggar UU 32 tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan sanksi penutupan terhadap perusahaan tersebut.

“Industri tersebut kebanyakan belum memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Kita bisa melakukan penutupan usaha tersebut,” ungkap Kepala BPLH Kota Tangerang Roostiwie, Senin (24/1).

Menurut Roostiwie, pembuangan limbah industri ini menjadi pengawasan bagi pihaknya. Ke 60 persen industry tersebut akan diberikan pembinaan terkait pengelolaan limbah. “Kita akan mengharuskan mereka membuat IPAL sebelum limbah di buang ke sungai. Sedangkan untuk limbah B3, diharuskan membuat tempat pembuangan limbah sendiri dan melakukan koordinasi dengan Kementrian Lingkungan Hidup,” paparnya.

Namun, jika perusahaan tetap melakukan pelanggaran, Roostiwe menegaskan akan melakukan penutupan terhadap perusahaan hingga sanksi pidana terhadap pemiliknya.
Roostiwie mengungkapkan, sebelumnya pada tahun 2005 lalu, proses hukum terhadap perusahaan yang mencemari lingkungan pernah dilakukan terhadap PT Tonikitek yang terletak di Jatake,

Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. Pabrik yang memproduksi handuk tersebut telah melakukan aktifitas pembuangan limbah cair tanpa melalui IPAL. “Melalui proses pengadilan, pemilik perusahaan dihukum 1 tahun penjara dengan denda 100 juta,” ungkapnya.(RANGGA ZULIANSYAH)

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

NASIONAL
Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:03

PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan di kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali pada Jumat, 17 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill