Connect With Us

Disnaker Fasiltiasi Kerjasama Perusahaan dan Sekolah

| Senin, 12 September 2011 | 18:29

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tangerang, Abduh Surahman (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Guna meminimalisir pengangguran di Kota Tangerang, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Tangerang melakukan upaya dengan memfasilitasi kerjasama perusahaan dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menyalurkan tenaga kerja.
 
Kepala Disnakertrans Abduh Surahman mengatakan, upaya tersebut sudah dimulai 2010 lalu melalui program pendidikan dan pelatihan (Diklat) guna menjembatani antara dunia industri selaku penyedia lapangan kerja, dengan SMK selaku pencetak tenaga kerja.
 
“Dalam Diklat bersama 80 orang peserta yang terdiri dari Guru Kurikulum dan Kepala Sekolah sejumlah SMK Negeri, perwakilan 40 perusahaan serta perwakilan Apindo dengan menghadirkan pembicara dari Kementrian Tenaga Kerja Nasional pada bulan Mei 2011 lalu, dihasilkan bagaimana standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bagi anak-anak sekolah,” katanya, Senin (12/9).
 
Menurutnya , program ini cukup direspon positif oleh perusahaan maupun oleh sekolah. Pihak perusahaan sendiri membuka kesempatan lebar bagi anak-anak SMK untuk praktek di perusahaan sesuai dengan komptensi dasar masing-masing, sehigga dapat meminimalisir tidak tersalurkannya para lulusan SMK.
“Selain itu juga tentu program ini dapat memperkecil kemungkinan adanya lowongan kerja yang tidak terisi akibat tidak ada calon pelamar yang tidak memiliki kompetensi yang dibutuhkan," tutur Abduh.
 
Ia menambahkan, hingga Agustus 2011 ini, tercatat sebanyak 12.484 pencari kerja di Kota Tangerang. Sementara yang sudah tersalurkan mencapai 7.614 orang, dari total lowongan yang tersedia sebanyak 7.706 lowongan dengan berbagai kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan masing-masing.
 
"Dari jumlah pelamar kreja yang terdaftar, hanya sekitar 4.870 orang diantaranya atau sekitar 39 peresen saja yang tidak tersalurkan, akibat tidak memiliki kompetensi yang sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan program kerjasama Sekolah dan Industri ini, diharapkan kedepan para lulusan SMK sudah dapat ditampung di dunia industri," tukasnya.(RAZ)

KAB. TANGERANG
Khotmil Quran SDIP AL Ijtihad Tangerang Diapresiasi Qori Internasional

Khotmil Quran SDIP AL Ijtihad Tangerang Diapresiasi Qori Internasional

Rabu, 8 Mei 2024 | 22:26

Khotmil Quran Sekolah Dasar Islam Plus (SDIP) Al Ijtihad, Kuta Baru, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang yang digelar Rabu 8 Mei 2024, mendapat apresiasi dari Qori Internasional yang mewakili Indonesia, ustaz Syamsuri Firdaus.

KOTA TANGERANG
Buaya Sepanjang 2 Meter Masuk Ke Perumahan Pondok Arum Tangerang

Buaya Sepanjang 2 Meter Masuk Ke Perumahan Pondok Arum Tangerang

Kamis, 9 Mei 2024 | 17:50

Buaya sepanjang 2 meter berhasil ditangkap petugas BPBD Kota Tangerang setelah masuk ke Perumahan Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci, kota Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill