Connect With Us

APBD 2012 Kota Tangerang Rp2,302 Triliun, Call Centre Digagas

| Rabu, 30 November 2011 | 17:41

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang Eddy Ham ( / )

TANGERANG-DPRD Kota Tangerang telah mengesahkan APBD 2012, Kota Tangerang  dengan jumlah Rp2,302 triliun. Angka tersebut naik jika dibandingkan pada 2011 hanya sekitar Rp1,9 triliun.
 
Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya bersyukur atas telah disahkannya APBD tersebut.  Di 2012, Pemkot Tangerang memiliki terobosan baru yang dimasukan ke dalam APBD, yakni diadakannya pusat pengaduan layanan terhadap pemerintah daerah (Pemda).

"Kami menggagas adanya call centre. Tujuan agar aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan urusan Pemda cukup menghubungi satu nomor saja," kata Arief,hari ini.

Teknisnya, kata Arief akan dipegang langsung dan detailnya ada di Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom). Ada pun anggaran yang paling besar menurut Arief adalah untuk Dinas Pendidikan, yakni sebesar Rp700-Rp800 miliar. "Ini masih paling besar," katanya.

Sedangkan untuk Kartu Multiguna Rp5 miliar dianggarkan Pemkot Tangerang memberikan layanan rawat inap gratis bagi seluruh warga Kota Tangerang dengan syarat warga miskin dan bukan pegawai negeri sipil (PNS).

"Kecuali PNS, seperti TNI/Polri serta seseorang yang telah memiliki Jamsostek. Itu pun saat ini masih untuk dirawat di kelas 3," kata Arief.

Untuk anggaran infrastruktur, Pemkot Tangerang telah menyediakan sekitar Rp140-Rp160 miliar. "Ini untuk perbaikan infrastruktur seperti jalan, bangunan keluarahan dan drainase. Karena untuk pengembang perumahan yang sudah lama, drainase kini menjadi tanggung jawab Pemda," katanya. Dirinya mengklaim soal banjir kini Kota Tangerang telah dapat menangani. Terbukti dari sekitar 60 titik, kini menjadi 41 titik.
Soal APBD yang naik dari Rp1,9 triliun menjadi Rp2,302 triliun Pemkot Tangerang diminta melakukan efisiensi dan mengawasi penggunaannya.
 “APBD tahun anggaran 2012 telah ditetapan. Kini kami minta kepada Wali Kota Tangerang agar pelaksanaan APBD setelah ditetakan dapat digunakan secara cermat dan efisien. Selain itu mengedepankan penggunaan APBD yang yang bersih dan akuntabel,” kata Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Tangerang Eddy Ham, Rabu (30/11).
 Eddy menambahkan, pihaknya juga akan turut serta melakukan pengawasan bersama Inspektorat terhadap penggunaan anggaran tersebut. “Kita akan awasi bersama, jadi diharapkan SKPD tidak melakukan penyelewengan dana anggaran,” tandasnya. (DRA/RAZ)

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TANGSEL
Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Minggu, 19 Mei 2024 | 21:33

Evakuasi badan pesawat latih yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 19 Mei 2024. akan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT).

KAB. TANGERANG
Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:12

Seorang pengamen jalanan nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri dengan pisau cutter di samping Pos Security POS 2 Griya Dadap, Kampung Dadap Jati, Kecamatan Kosambi, Jumat, 17 Mei 2024, sekira pukul 12:30 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill