Connect With Us

Di Kota Tangerang, Hanya 4 Parpol Lolos Verifikasi Faktual

| Minggu, 30 Desember 2012 | 20:18

Kantor KPU Kota Tangerang. (tangerangnews / deddy)

 

TANGERANG -KPU Kota Tangerang hanya meloloskan empat partai politik dari 18 partai politik yang direkomendasikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk diverifikasi faktual sebagai  partai politik calon Pemilu 2014.
 
Keempat partai politik yakni Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Damai Sejahtera (PDS), dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB).

Hal itu disampaikna oleh Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain kepada wartawan, Mingggu (30/12). Syafril menjelaskan verifikasi faktual dilakukan setelah KPU Kota Tangerang mendapat perintah dari KPU RI melalui surat nomor 681 tahun 2012 tentang pelaksanaan verifikasi faktual 18 partai politik calon peserta Pemilu 2014. Bahwa 18 partai  politik yang sudah tidak lulus verifikasi administrasi. Namun, adanya rekomendasi DKPP untuk diikutsertakan verifikasi faktual.

“Dari 18 partai politik, yang layak untuk diverifikasi faktual adalah enam partai. Sedangkan  dari enam partai politiik yang diverifikasi faktual hanya empat partai politik yang memenuhi syarat,” Syafril.

Menurut Syafril, verifikasi faktual dilaksanakan selama dua minggu dengan masa perbaikan  pada 14 Desember sampai dengan 18 Desember 2012. Pelaksanaan verifikasi faktual berakhir pada 27 Desember 2012 dan setelah dilakukan rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual dengan mengundang 18 partai politik untuk hadir di kantor KPU Kota Tangerang pada Sabtu, 29 Desember 2012.

“Dalam rapat pleno terbuka itu, KPU Kota Tangerang memaparkan hasil verifikasi faktual. Rapat pleno terbuka selain dihadiri 18 pimpinan partai politik juga hadir Panwaslu Kota Tangerang, unsur Pemda, dan polisi,” urai Syafril.

Satu partai yakni Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) menyatakan keberatan atas hasil verifikasi faktual. Ketua PDK Kota Tangerang Muhammadin dalam nota keberatannya meminta kepada KPU Kota Tangerang agar partainya diluluskan karena  dari 101 anggota yang diverifikasi faktual, 98 memenuhi syarat dan 3 tidak memenuhi syarat.

“Kami berharap KPU Kota Tangerang mau meloloskan partai PDK karena kekurangan hanya dua,” harap Muhammad.

Menanggapi hal tersebut, Syafril mengatakan KPU Kota Tangerang tidak dapat memberikan toleransi apa pun kepada PDK karena hasil vefifikasi faktual memang tidak memenuhi syarat. “Itulah hasil verifikasi faktual dan terimalah apa adanya,” tandas Syafril yang mantan ketua Panwaslu Kota Tangerang itu.

Sedangkan partai politik yang tidak lolos verifikasi faktual yakni PDK, Partai Repbulik, Partai Kedaulatan, Partai Bhineka Indonesia (PBI), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI),  Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI),  Partai Nasional  Indonesia Marhaenisme (PNI Marhaenisme), Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Partai Karya Republik (Pakar), Partai Buruh, Partai Kongres, Partai Republik Nusantara (Republikan), dan Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI).
 
PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

BANTEN
Banten Jadi Provinsi Percontohan Soal Penataan Bus Pariwisata 

Banten Jadi Provinsi Percontohan Soal Penataan Bus Pariwisata 

Kamis, 16 Mei 2024 | 11:06

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan enam provinsi di Indonesia sebagai wilayah percontohan untuk pengecekan, penataan, dan evaluasi bus pariwisata.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill