Connect With Us

214 Bakal Caleg Tangerang Ikut Psikotes

| Minggu, 13 Januari 2013 | 17:21

Bakal caleg ikuti psikotes ( / )

TANGERANG-Sebanyak 214 bakal calon legisliatif (Caleg) se-Tangerang Raya mengikuti psikotes dan wawancara yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP di Gedung FISIP UNIS, Kota Tangerang, Minggu (13/1). Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui intelegensi dan kepekaan para bakal caleg.
 
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten Ribka Tjiptaning mengatakan, tes dibagi dua kelompok yakni untuk bakal caleg tingkat Kota/Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel dan bakal caleg tingkat Provinsi Banten yang berasal dari Kota/Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Mereka diberi waktu sekitar 6 jam untuk menyelesaikan sekurangnya 600 soal.
 
“Pesertanya dari kader PDIP dan masyarakat umum. Soalnya esai yang sisinya soal-soal logika. Khusus bakal caleg tingkat Provinsi Banten, diberlakukan juga tes wawancara. Untuk pengawas prikotes adalah tim independen dari Universitas Indonesia (UI),” katanya.
 
Menurut Ribka, tes ini tidak ada salah atau benar dan bukan untuk mencari nilai tertinggi. Karena lebih dimaksudkan untuk menilai kejiwaan para bakal caleg. Nantinya, hasil tes tidak akan diberitahukan kepada para peserta, tapi disimpan untuk database khusus DPP.
 
"Hasil tes akan jadi bahan evaluasi. Apabila para caleg terpilih kedepannya bermasalah, maka hasil dari tes ini akan dijadikan rujukan untuk memberikan sanksi pada anggota dewan asal PDIP diseluruh tingkatan," terangnya.
 
Dijelaskannya, psikotes ini juga dilakukan diseluruh Indonesia oleh DPP PDIP. Pesertanya diberlakukan untuk seluruh tingkatan kepengurusan PDIP. Setelah psikotes, para bakal caleg juga akan menjalani tes urin. “Langkah ini dibuat untuk menghindari adanya calon legislatif asal PDIP yang jadi pemakai narkoba. Kita tidak akan beri toleransi, kalau ada yang positif pemakai, akan kita tolak dan pecat,” tegas Ribka.
 
Sementara Gatot Wibowo, salah satu peserta yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang mengatakan bahwa tes tersebut merupakan hal yang bagus untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bakal caleg. “Saya setuju, jadi bisa mengukur loyalitas dan kecepatan dalam mengambil keputusan. Itu hal yang penting untuk menjadi wakil rakyat,” pungkasnya.(RAZ)
TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

HIBURAN
5 Rekomendasi Polo Giordano Paling Stylish dan Nyaman di Blibli 

5 Rekomendasi Polo Giordano Paling Stylish dan Nyaman di Blibli 

Kamis, 16 Mei 2024 | 13:03

Polo shirt merupakan salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh pria dan wanita. Dengan desainnya yang klasik dan simpel,

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill