Connect With Us

Perhatikan, Ini 3 Amalan Pokok di Bulan Ramadan

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 17 Maret 2023 | 11:56

Ilustrasi Ramadhan. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS.com- Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 2023/1444 Hijriah terdapat amalan pokok yang dapat dikerjakan.

Amalan pokok ini bahkan disebut sebagai kurikulum Ramadan ala Nabi Muhammad SAW yang beliau sampaikan kepada para sahabatnya ketika menjelang Ramadan tiba.

Pendakwah Adi Hidayat mengatakan, kurikulum Nabi ini dapat menjadi pedoman agenda amal saleh yang dapat dikerjakan selama bulan Ramadan.

"Nanti bikin agenda saat Ramadan, supaya tidak pusing nanti kalau masuk hari pertama apa yang dikerjakan, hari kedua apa yang dikerjakan, baik subuh, siang, dan sore," ujarnya.

Berikut adalah tiga amalan pokok di bulan Ramadan seperti dilansir dari kanal YouTube Adi Hidayat Official, Jumat 17 Maret 2023.

1. Meningkatkan Salat

Ketika memasuki bulan Ramadan hendaknya meningkatkan salat, artinya tidak hanya mengerjakan salat wajib, namun juga mengerjakan amalan salat sunah.

"Dari sekarang keluarkan semua jenis salat-salat sunah, keluarkan dari sekarang siang dan malamnya," kata Adi Hidayat.

Salah satunya ialah amalan salat sunah rawatib berjumlah 12 rakaat yang dibagi sesudah dan sebelum salat wajib, amalan salat ini dapat memperbaiki kesalahan saat salat wajib. 

2. Banyak Berinteraksi dengan Al-Qur'an

Terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk berinteraksi dengan Al-Qur'an, seperti membaca (Qira'ah) dan mengkaji atau tilawah.

"Supaya tidak capek, bagi satu juz dalam lima waktu salat. Contoh, juz pertama al-baqarah berjumlah 141 ayat, bagi lima jadi 28 ayat, kemudian setiap ketemu waktu salat bagi dua lagi menjadi 14 ayat. Maka, sebelum salat baca 14 ayat dan sesudah salat baca 14 ayat," jelasnya.

3. Infaq

"Nabi SAW adalah orang yang sangat luar biasa dermawan dan lembut, bertambah dermawan lagi ketika tiba Ramadan," kata Adi Hidayat mengutip hadist riwayat Ibnu Abbas.

Sebelum Ramadan tiba, siapkan anggaran yang dapat digunakan nanti meski hanya Rp30 ribu atau makanan. Pasalnya, barang siapa yang memberikan bukaan terhadap orang yang berpuasa maka akan mendapat pahala yang sama seperti orang berpuasa seperti dikutip dari hadist At-Tirmidzi.

"Yang paling minimal kita bisa keluarkan, itu pahalanya 700 kali lipat dikali 10, dalilnya dari al-baqarah ayat 261, maka dari itu disiapkan dari sekarang untuk infaq," pungkasnya.

 

Itulah tiga amalan pokok selama bulan Ramadan agar mendapat pahala, berkah, dan rahmat yang melimpah di bulan yang mulia. Semoga bermanfaar!  

AYO! TANGERANG CERDAS
Diminati Camaba, ITPLN Buka Pendaftaran Sampai 17 Agustus 2024

Diminati Camaba, ITPLN Buka Pendaftaran Sampai 17 Agustus 2024

Minggu, 21 Juli 2024 | 18:59

Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi PLN (ITPLN) untuk tahun akademik 2024/2025 kembali dibuka untuk gelombang reguler.

HIBURAN
Mau Jadi Komika? Yuk Ikut Kelas Stand Up Comedy Gratis di Kota Tangerang

Mau Jadi Komika? Yuk Ikut Kelas Stand Up Comedy Gratis di Kota Tangerang

Rabu, 17 Juli 2024 | 12:53

Bagi warga Kota Tangerang yang ingin menjadi komika, kini dapat mengikuti kelas Stand Up Comedy secara gratis.

BANDARA
Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Jumat, 19 Juli 2024 | 19:28

Seorang mahasiswa asal Korea Selatan (Korsel) ditangkap karena berupaya menyelundupkan sebanyak 94 ekor reptil dari Indonesia ke negara asalnya, melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang.

BANTEN
Pengamat Sebut Keputusan Demokrat Usung Andra-Dimyati di Pilkada Banten Aneh

Pengamat Sebut Keputusan Demokrat Usung Andra-Dimyati di Pilkada Banten Aneh

Sabtu, 20 Juli 2024 | 16:31

Pengamat Media Komunikasi UIN Jakarta Deden Mauli Darajat menilai keputusan DPP Partai Demokrat yang memberikan rekomendasi kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah untuk maju dalam Pilkada Banten 2024 dirasakan aneh.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill