Connect With Us

Buntut Jebolnya Tanggul Depok, Pamulang Terendam

| Rabu, 10 Februari 2010 | 18:07

Tanggul Imam Bonjol yang jebol setelah baru saja dibangun. (tangerangnews/dira / tangerangnews/dira)

 
TANGERANGNEWS-Buntut jebolnya tanggul di Sawangan Depok pagi ini , menyebabkan Kali Angke yang melintasi wilayah Pamulang, tepatnya di Villa Pamulang,  Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan meluap hingga menyebabkan banjir.

Air kali angke meluap ke area persawahan dan pemukiman penduduk. Lokasi jebolnya tanggul memang merupakan perbatasan antara Kecamatan Sawangan, Kota  Depok dengan Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan.
 
Berdasarkan pantauan, salah satu pemukiman yang terkena imbas paling parah atas jebolnya tanggul itu adalah Villa Pamulang. Perumahan ini terendam air setinggi 20 cm. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Ketinggian air yang merendam Perumahan Villa Pamulang Blok BL di Kampung Pondok Petir, Kecamatan Bojong Sari, yang masuk wilayah Depok, bahkan kian meningkat.
Salah seorang warga Villa Pamulang, Irwan, mengatakan warga dalam kondisi siaga. "Menjaga kemungkinan apapun yang terjadi akibat jebolnya tanggul," katanya. Beristiwa yang sama pernah terjadi beberapa tahun yang Warga Perumahan Villa Pamulang, Pondok Petir, Depok, terus bersiaga, menyusul jebolnya tanggul Curug Sawangan di Kali Angke, pagi tadi. Warga bahkan telah memasang alat ukur ketinggian air di kali tersebut.

Alat ukur ini, nantinya diperlukan untuk mengetahui apakah volume air akan mengalami peningkatan atau tidak. Jika air yang membanjiri rumah-rumah di kawasan RT 05, 06, RW 8, dan 12 itu melebihi alat ukur, maka warga akan dievakuasi. “Kami sampai saat ini masih siaga dan akan melakukan evakuasi jika volume air terus atau melebihi alat ukur yang kita pasang,” ujar Widi, warga ssetempat. Mengenai penyebab jebolnya tanggul yang berjarak kurang lebih lebih 4 Km dari Villa Pamulang itu, menurut Widi, kemungkinan disebabkan oleh buruknya kualitas tanggul hingga air merembes.

Ayat, warga lainnya mengaku, mendapatkan informasi jebolnya tanggul tersebut dari warga sekitar Curug Sawangan. Saat itu warga Curug Sawangan yang bernama Suwandi memberitahu bahwa tanggul jebol sepanjang 15 meter, hingga warga perumahan Villa Pemulang diminta bersiap-siap untuk mengantisipasinya.Penyebab jebolnya tanggul yang berada di Kali Angke ini, diduga dikarenakan kelalaian petugas tidak membuka pintu air Curug dengan alasan khawatir empang dan sawah terendam.(dira)

NASIONAL
SMS 2024, Media Online Lokal Diajak Naik Kelas

SMS 2024, Media Online Lokal Diajak Naik Kelas

Senin, 6 Mei 2024 | 15:20

Sumatera Media Summit (SMS) 2024, yang digagas oleh Suara.com bersama Internasional Media Support (IMS), sukses mempertemukan para pemilik media massa online lokal, organisasi media, hingga lembaga pers Mahasiswa se-Pulau Sumatera.

SPORT
Yuk, Ikut Aryaduta Fun Triathlon 2024 Tangerang Berhadiah Puluhan Juta

Yuk, Ikut Aryaduta Fun Triathlon 2024 Tangerang Berhadiah Puluhan Juta

Senin, 6 Mei 2024 | 20:35

Hotel Aryaduta Karawaci Tangerang menggelar event olahraga Triathlon dengan total hadiah mencapai Rp20 juta.

WISATA
Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Senin, 6 Mei 2024 | 08:52

Kota Tangerang memiliki berbagai tempat pusat kuliner, salah satunya ialah Jajanan Parlan di kawasan Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

KAB. TANGERANG
Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Minggu, 5 Mei 2024 | 08:34

Wilayah pemukiman di Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023, sejak sore hingga malam.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill