Connect With Us

61 Tahun Berdiri, Ini Kontribusi Batan

Yudi Adiyatna | Selasa, 10 Desember 2019 | 22:12

Acara peringatan HUT BATAN ke-61 di Puspiptek, Selasa (10/12/2019). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Perkembangan dan pemanfaatan iptek nuklir Indonesia sudah berkembang pesat, terlebih selama periode 2015-2019 yang tidak lepas dari kontribusi semua pihak internal Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Menurut Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, pihaknya berhasil memberikan kontribusi pada masyarakat pada bidang kesehatan, industri, pangan dan sumber daya manusia berbasis teknologi.

BACA JUGA:

“Seperti di bidang pertanian dalam lima tahun ini sudah dihasilkan satu varietas pisang, lima varietas padi, satu varietas kacang tanah dan dua varietas kedelai,” ujarnya saat acara HUT BATAN ke-61 di Puspiptek, Selasa (10/12/2019).

Pencapaian juga terlihat dengan berdirinya iradiator merah putih, yang sudah memberikan jasa layanan pada lebih 60 perusahaan dengan penerimaan PNBP untuk tahun 2019 hingga hari ini Rp3,5 miliar.

“60 perusahaan diantaranya perusahaan jasa dan satu perusahaan importir. Kita juga sudah membangun tiga Agro Techno Park di Musi Rawas, Polewali Mandar dan Klaten yang sudah menghasilkan sembilan pengusaha pemula dan aplikasinya di masyarakat berhasil meningkatkan produksi hingga 29 persen,” paparnya.

Sementara Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, telah bekerjasama dengan BATAN dalam rangka sertifikasi Mou BP2T yang menggunakan teknologi dengan Badan Sertifikasi Nasional. Dirinya pun ingin kerjasama tersebut ditingkatkan.

“Selain itu, saya ingin mendorong siswa Sekolah Dasar untuk wisata teknologi ke BATAN. Untuk Tangsel, tanaman Anggrek pun bisa diberikan pengayaan warna dan teknologi penanaman pepaya yang akan kita dorong di masyarakat Tangsel, khususnya karang taruna,” ungkap Ben.(MRI/RGI)

MANCANEGARA
Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ditunjuk Jadi Penggantinya

Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ditunjuk Jadi Penggantinya

Senin, 22 Juli 2024 | 08:50

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai penerusnya.

BANTEN
PLN Luncurkan Program Edukasi Keselamatan Listrik untuk Anak-anak 

PLN Luncurkan Program Edukasi Keselamatan Listrik untuk Anak-anak 

Selasa, 23 Juli 2024 | 22:04

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten meluncurkan program edukasi keselamatan listrik yang menyasar masyarakat, terutama anak-anak.

TANGSEL
Pos Polisi Graha Raya Tangsel Ludes Terbakar Diduga Gegara Korsleting Listrik

Pos Polisi Graha Raya Tangsel Ludes Terbakar Diduga Gegara Korsleting Listrik

Rabu, 24 Juli 2024 | 11:03

Pos Polisi Graha Raya ludes terbakar diduga akibat korsleting listrik di Jalan Graha Bunga, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill