Connect With Us

Asing Tertarik Proyek Monorel Tangsel-Bandara

| Jumat, 24 Februari 2012 | 15:18

Airin Rachmi Diany Wali Kota Tangsel (tangerangnews / dens)

TANGERANGNEWS-Proyek monorel yang digagas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten ternyata mendapat antusias dari perusahaan asing. Salah satu perusahaan asing langsung mempresentasikan bentuk kerjasama tersebut kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel). Namun, karena proyek monorel tersebut melintasi dua wilayah Kota, yakni Kota Tangsel dan Kota Tangerang, kewenangannya berada di Provinsi Banten.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany membenarkan sudah adanya perusahaan asing yang tertarik untuk bekerjasama para proyek moda transportasi massal tersebut. "Iya memang benar, saya lupa nama perusahaannya apa. Namun, yang jelas perusahaan dari Cina," ujar Airin, Jumat (24/2/2012) di Damai Bukit Golf , Bumi Serpong Damai, Kota Tangsel.


Sekda Kota Tangsel Dudung E Direja mengatakan, dalam pertemuan itu pihak perusahaan asing telah mempresentasikan bentuk monorel dan bagaimana bentuk kerjasamanya.
Menurutnya, jika menlihat dari presentasi tersebut, perusahaan Cina itu sudah terbiasa mengerjakan proyek monorel.

"Mereka perusahaan besar. Tapi seperti kata Bu Wali (Airin Rachmi Diany). Kita tidak bisa memutuskan, Bu Wali menyerahkan semua kepada Pemerintah Provinsi Banten," katanya.

Tetapi, kata Sekda, dari segi persiapan Pemkot Tangsel telah lebih siap untuk pembangunan monorel. Sebab, dalam Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) sudah terdapat rencana tersebut. "Kita siap menerima gagasan Pemprov Banten," katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemprov Banten telah mengekspos rencana pembangunan monorel sejak 2010 lalu. Proyek yang digagas untuk mengurai kemacetan tersebut bahkan telah sampai pada tahap penyusunan pra Feasibility Study (FS). Pihak Pemprov dan DPRD Banten sendiri telah membawa rencana tersebut ke Badan Perencanaan Nasional (Bappenas).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten M Husni Hasan ketika dihubungi mengatakan, Pra FS itu sudah diserahkan ke Bappenas untuk kemudian ditindaklanjuti oleh Bappenas. Sebenarnya, sebelumnya juga telah ada perusahaan asing lainnya yang telah tertarik dengan proyek ini, diantaranya perusahaan dari Amerika dan Malaysia.

“Nantinya, investor tersebut akan menganalisasi sisi bisnis mereka dalam proyek tersebut.  Apakah ini potensial atau tidak, kalau potensial kemudian tahap selanjutnya dilakukan tender,” ujarnya. (FAW/ADV)


MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

SPORT
Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Kamis, 2 Mei 2024 | 15:24

Jakarta Electric PLN optimistis dapat meraih kemenangan pada pekan kedua putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024, yang akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jatidiri, Semarang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill