Connect With Us

Cara Daftar dan Manfaat Aplikasi Kasir Majoo Bagi UMKM

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 12 Juli 2023 | 18:45

Ilustrasi aplikasi kasir online. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kemajuan teknologi salah satunya dalam bidang bisnis semakin memudahkan para pelaku UMKM. Saat ini banyak aplikasi yang dapat membantu pelaku UMKM menjalankan usahanya.

Namun sebelum memanfaatkan aplikasi, alangkah baiknya usaha UMKM telah terdaftar di pemerintah.

Sekarang ini cara daftar UMKM online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke instansi pemerintah.

Begitu juga ketika ingin mengadopsi teknologi, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir online yang sekarang banyak di pasaran.

Jika belum paham bagaimana mendaftarkan UMKM, maka Anda dapat melakukan dengan cara online. Sebab, pemerintah memiliki program Presiden Bantuan Usaha Mikro Produktif (BPUM) atau disebut BLT UMKM.

Untuk mengetahui persyaratan dan cara daftar UMKM secara online, berikut penjelasan yang dapat Anda ikuti langkah-langkahnya:

 

Persyaratan Daftar UMKM 

Sebelum mendaftar secara online maka Anda harus mengetahui dan menyediakan persyaratan dari website resmi Kementerian Koperasi, berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Persyaratan pendaftaran UMKM adalah masyarakat harus memiliki KTP dengan status Warga Negara Indonesia (WNI). 

2. Wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

3. Harus memiliki bisnis UMKM seperti retail, pertanian, peternakan, kerajinan tangan, produk makanan dan lain-lain.

4. Pastikan kamu tidak menerima kredit atau pungutan dari pihak ketiga, seperti bank dan Pusat Kredit Usaha Rakyat (KUR).

5. Tidak berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, anggota TNI atau Polri.

6. Lengkapi formulir pendaftaran BLT MPME yang disediakan oleh Koperasi dan UKM atau pemerintah daerah/kelurahan, jika ada.

7. Masukkan unit usaha (SKU) untuk setiap pelanggan dengan KTP yang berbeda dengan alamat rumah usaha.

 

Cara Daftar UMKM Online 

Jika telah memenuhi persyaratan tersebut, langkah selanjutnya adalah mendaftar UMKM secara online. 

 

A. Lakukan login 

1. Buat akun dan login di https://oss.go.id/portal/ 

2. Kemudian klik Izin Bisnis lalu klik Perorangan dan pilih: 

Tombol pendaftaran NIB Mikro Individu, atau Tombol registrasi NIB minor 

 

B. Proses NIB dan izin usaha 

1. Lengkapi data pemilik UMKM, bila data sudah lengkap bisa klik simpan dan lanjutkan. 

2. Kemudian isi data profil dari usaha kamu, seperti:

-Klik tombol Tambah perusahaan. Isi semua data yang diperlukan dalam formulir ini.

-Klik Simpan dan Berikutnya.

-Jika pemilik UMKM lebih dari satu, Anda dapat mengklik masuk bisnis.

3. Pada Formulir Izin Sumber Daya Usaha, sebagai pemilik UMKM kecil, kamu dapat mengajukan izin lokasi dan izin lingkungan (bila diperlukan), dan klik lanjut.

4. Setelah itu, pemilik UMKM dapat melihat pendataan NIB dan izin usaha apa saja yang telah kamu selesaikan serta dapat melihat pratinjau layanan NIB, izin lingkungan, izin lokasi, dan izin usaha. Selanjutnya, pemilik bisnis dapat mencentang kotak komentar mana saja dan mengklik proses NIB. 

5. Selain itu, pemilik usaha dapat mencetak izin usaha dalam format QR melalui pemindaian izin usaha QR.

 

Itulah cara mendaftarkan umkm secara online, maka langkah selanjutnya untuk mengembangkan UMKM yang Anda rintis adalah dengan memanfaatkan aplikasi kasir seperti majoo yang memiliki banyak manfaat.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pembukuan dan pencatatan manual mulai digantikan oleh komputer seperti aplikasi kasir.

Berkat otomatisasi sederhana ini, para pengusaha bisa lebih berhati-hati dengan transaksi yang terjadi dan tentunya mempermudah operasional. 

Banyak usaha UMKM gagal karena masalah keuangan atau transaksi bisnis yang berhasil tidak sesuai dengan pendapatan bisnis di luar kendali pemilik bisnis. Transaksi bisnis atau keuangan merupakan isu sensitif bagi UMKM.

Jawaban itu semua, maka Anda harus menggunakan aplikasi kasir yang memberikan banyak manfaat diantaranya adalah:

 

1. Efisiensi waktu kerja

Ketika berjualan offline maka Anda harus melihat langsung ke rak atau tempat penyimpanan untuk menemukan produk yang paling laris.

Hal ini akan mudah dilakukan ketika jenis dan jumlah produk yang dijual masih sedikit, namun barang sudah mulai banyak maka akan menyita waktu yang banyak.

Begitu juga dengan pencatatan hasil penjualan harian. Jika masih melakukannya secara manual, setiap kali toko tutup, maka Anda perlu menambahkan catatan rangkap yang dibuat untuk bisnis dari pembukaan toko hingga penutupan toko.

Pekerjaan ini tentunya tidak cukup dalam 5 menit, butuh waktu 15-60 menit untuk menghitung nota baik pemasukan dan pengeluaran. Dengan aplikasi kasie Anda bisa dapatkan laporan transaksi harian secara otomatis dan dapat dilihat kapan saja.

 

2. Manajer keuangan 

Aplikasi kasir mencatat semua detail penjualan selama sehari dan menunjukkan apa yang telah dibeli dan berapa yang tersisa.

Aplikasi ini secara otomatis akan menjumlahkan semua angka penjualan dalam sehari sehingga Anda langsung tahu berapa banyak uang yang dihasilkan hari itu.

Hal ini dapat memudahkan Anda sebagai seorang pengusaha tanpa harus menggandakan risiko kesalahan dari pencatatan transaksi dalam satu hari.

Dengan aplikasi kasir, maka kamu mendapat keuntungan mengetahui total penjualan dalam seminggu atau sebulan dengan perhitungan sederhana tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang.

Anda dapat mengetahui angka penjualan aktual dan dengan cepat mengajukan permohonan barang sehingga uang Anda dapat digunakan secara efisien dan terkendali.

 

3. Sistem keamanan 

Ketika bisnis berkembang, disadari atau tidak, waktu liburan Anda juga ikut hilang. Hal ini tentunya harus disikapi dengan baik. Salah satu solusi yang akan membantu Anda adalah menggunakan aplikasi kasir. 

Jika memiliki aplikasi kasir, maka Anda dapat mulai keluar dari bisnis dan meninggalkan karyawan dengan masalah pembayaran.

Dengan aplikasi kasir Andatidak perlu khawatir lagi, karena uang bisnis akan disimpan dan semua yang ada di produk dan pendapatan akan sama dengan harga pembelian.

Tanpa aplikasi kasir, pendapatan mungkin tidak sesuai dengan harga pembelian di toko atau usaha karena produk produk yang Anda miliki tidak dapat dikenali langsung dari uang yang diterima.

Hal ini memungkinkan arus kas yang mengganggu alur kerja bisnis.

Jika Anda memiliki bisnis besar, gunakan aplikasi kasir yang memiliki fitur yang lengkap seperti majoo dan dapat disesuaikan dengan jenis usaha UMKM yang kamu jalani.

 

4. Analisa bisnis 

Jika Anda dapat dengan cepat dan akurat mengetahui jumlah dan produk yang tersisa di bisnis UMKM, maka Anda dapat segera memesan atau menunda pembelian. Itu datang untuk memiliki rencana bisnis yang baik. 

Aplikasi kasir ini dapat memungkinkan hal ini, dan catatan waktu nyata yang menghubungkan penjualan dan inventaris ditangkap.

 

6. Pelayanan cepat 

Aplikasi kasir juga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelangga dengan cepat dan mudah. Dari metode cepat, itu pasti pelanggan tidak membuat antrian. Dengan sistem otomatis maka semua dapat dikerjakan dengan capat dan pastinya pelanggan akan puas.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill