Jumat, 17 Mei 2024

Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Ilustrasi MRT.(@TangerangNews / Dok : Pemprov DKI)

TANGERANGNEWS.com- Wacana pembangunan rute MRT tembus hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel) kembali dibuka.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyad mengatakan, peluang pembangunan moda transportasi ini kian terbuka lebar, namun pemerintah daerah setempat diminta untuk bersiap.

Pasalnya, pembangunan MRT menggunakan anggaran daerah, sehingga pihaknya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berkoordinasi terkait anggaran tersebut.

"Kita usahakan. Karena anggarannya kan Pemda," ujar Tuhiyad dilansir dari CNN Indonesia, Jumat, 19 April 2024.

Menurut Tuhiyad, adanya pembangunan MRT akan semakin mempermudah mobilitas dan mendukung konektivitas antarwilayah.

"Akan kita push mulai lagi, segera lah ya, setelah ini selesai. Mungkin awal tahun depan. Tapi kita fokus ke Jakarta dulu, ini PR-nya banyak banget," tambahnya.

Tuhiyad menuturkan, saat ini pihaknya masih fokus untuk menuntaskan pembangunan MRT Jakarta Fase 2A untuk rute Bundaran HI - Kota.

Sebelumnya, MRT direncanakan tersambung hingga Tangsel pada 2022 silam. Sayangnya, rencana tersebut tidak terlaksana.

Pada 2021, William Sabandar, Direktur Utama MRT Jakarta, menyatakan bahwa pada tahun 2022, fokus MRT Jakarta akan tertuju pada pembangunan jalur di berbagai wilayah Jakarta. 

Fokus utama akan mencakup fase 2 ke arah utara, fase 3 ke arah timur-barat (dari Kalideres ke Ujung Menteng), dan fase 4 Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

William menegaskan bahwa pada tahun 2022, pembangunan jalur ke arah Tangsel belum direncanakan, karena fokus saat itu adalah pada jalur timur-barat, khususnya pada fase 4.

Tags Berita Tangsel Kereta Tangerang MRT Transportasi Umum Tangerang