Connect With Us

2023 Mulai Dibangun, Ada 49 Titik Stasiun MRT Fase 3 Cikarang-Balaraja

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 13 April 2022 | 18:35

MRT Jakarta. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Proyek pembangunan MRT Fase 3 Timur-Barat yang menghubungkan Cikarang-Balaraja, rencananya akan dimulai pada tahun 2023. Rencananya proyek yang diperkirakan menghabiskan biaya konstruksi sebesar Rp 160 triliun ini akan dilengkapi dengan 49 stasiun.

"Proyek MRT Koridor Timur Barat diproyeksikan membangun 49 stasiun dan juga sekaligus pengembangan kawasan Transit Oriented Development (TOD)," ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Rendi Alhial seperti dilansir dari Kompas, Selasa 12 April 2022.

Menurutnya, untuk penentuan kontraktor MRT, pihaknya masih melakukan penjajakan dengan beberapa pihak. “Kami juga tengah menyiapkan pre-feasibility study, feasibility study sehingga bisa mengusulkan format proyeknya seperti apa," jelas Rendi.

Karena target biaya sangat besar, maka proyek ini kemungkinan akan dibiayai melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Secara ekonomi MRT Jakarta sebagai inisiator proyek akan mengupayakan feasible untuk masuknya investasi swasta melalui skema KPBU," tambah Rendi.

Dari total 49 stasiun ini, 23 titik di antaranya berada di wilayah Jakarta, yakni Kalideres, Rawa Buaya, Kembangan, Kembangan 2, Pesing, Grogol, Roxy, Petojo, Cideng, Thamrin, Kwitang, Senen, Galur, Cempaka Baru, Sumur Batu.

Kemudian Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, Perintis, Pulo Gadung, Penggilingan, Cakung Barat, Pulogebang dan Ujung Menteng. 

Sedangkan 26 stasiun lainnya yang masuk wilayah Cikarang di Bekasi, dan Balaraja di Tangerang. Titiknya masih dalam kajian.

MRT Fase 3 Timur-Barat ini menghubungkan tiga provinsi yakni Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Dengan rute lintas provinsi ini, diharapkan MRT dapat mengangkut penumpang hingga 1,2 juta orang per hari.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill