Connect With Us

Progres Pembangunan MRT Balaraja, 2024 Dimulai Pembebasan Lahan

Redaksi | Selasa, 14 November 2023 | 19:27

Ilustrasi MRT. (@TangerangNews / Dok : Pemprov DKI)

TANGERANGNEWS.com - Progres pembangunan Mass Rapit Transit atau MRT Balaraja, Tangerang, sudah semakin dekat. Ini setelah dilakukan risalah pembahasan penilaian pembangunan atau MoD of Appraisal Mission oleh pemerintah Indonesia dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), pekan lalu. 

Risalah ini membahas dimulainya rencana pembangunan tahap demi tahap. Mulai dari proses administrasi, pembebasan lahan di sepanjang jalur yang akan dilewati sampai ke tahap konstruksi. 

"Kami menargetkan urusan administrasi ini dapat segera selesai sehingga pembebasan lahan akan dapat dilakukan pada tahun 2024," ungkap Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal. 

Sebelum ke tahap pembebasan lahan yang ditarget akan mulai tahun 2024, ungkap Risal, terlebih dahulu dirampungkan kelengkapan administrasi. 

Ia menjelaskan, MRT Balaraja ini akan terhubung dengan Jakarta sampai Bekasi yang sering disebut Koridor Balaraja-Cikarang. Panjangnya terbentang sekitar 84,1 kilometer. 

Dalam pengerjaannya, Risal menjelaskan, proyek MRT Cikarang-Balaraja dibagi menjadi empat fase. 

Pada fase pertama tahap satu mulai dari Tomang sampai Medan Satria sepanjang 30,1 kilometer. Tahap duanya dimulai dari Kembangan sampai Tomang sepanjang 9,2 kilometer.

Masuk fase 2 arah Timur mulai dari Medan Satria sampai Cikarang sepanjang 20,5 kilometer. Kemudian untuk wilayah Barat mulai dari Kembangan sampai ke Balaraja sepanjang 29,9 kilometer.

Disepanjang koridor Balaraja-Cikarang ini nantinya akan dibangun 8 stasiun bawah Tanah dan 13 stasiun layang dengan total 21 stasiun. 

"MRT Jakarta koridor Timur-Barat ini akan terintegrasi dengan koridor Utara-Selatan dengan titik temu di Stasiun Thamrin yang saat ini sedang dibangun," kata Risal.

Diinformasikan bahwa pembangunan MRT Balaraja-Cikarang sesuai dengan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional dalam rangka meningkatkan jaringan transportasi massal perkotaan berbasis rel. 

Pemerintah berharap, proyek MRT Balaraja dapat terealisasi tanpa hambatan. Sehingga pembangunannya selesai tepat waktu dan dapat segera dinikmati masyarakat.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

KOTA TANGERANG
Kaya Inovasi, Diskominfo Kota Tangerang Sabet Dua Penghargaan KIPP Banten 2023

Kaya Inovasi, Diskominfo Kota Tangerang Sabet Dua Penghargaan KIPP Banten 2023

Senin, 29 April 2024 | 12:25

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meraih dua penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Banten 2023.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill