Connect With Us

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 26 November 2022 | 17:29

Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Diketahui lomba tersebut diikuti hingga 680 karya, dari ratusan karya tersebut, maskot berupa sepasang jalak Bali buatan Stephanie keluar sebagai pemenang.

Sepasang jalak Bali itu, yang laki-laki bernama SURA yang merupakan akronim "suara rakyat". Sedangkan yang perempuan dinamakan SULU sebagai kependekan dari "suara pemilu".

SULU dan SURA memperlihatkan wajah tersenyum beserta bendera merah putih di bagian pipi. Lalu, mengenakan baju berwarna putih dilengkapi dengan logo KPU di tengahnya.

Salah tangan dari maskot mengenggam paku untuk mencoblos, sementara tangan lainnya mengacungkan jari kelingking dengan tinta warna ungu sebagai simbolis telah menunaikan hak suaranya.

Adapun ditinjau dari segi filosofis, kicauan burung jalak bali yang terkenal ini melambangkan suara pemilih. Mimik muka yang didesain belia dianggap mewakilkan Pemilu 2024 yang akan didominasi pemilih generasi muda.

BACA JUGA: KPU Kabupaten Tangerang Buka Pendaftaran Anggota Badan Ad-Hoc Pemilu 2024, Ini Syaratnya

Deputi Program Desain Grafis di Politeknik Multimedia Nusantara, Caroline Sunarko, yang juga selaku dewan juri memberikan respon positif atas karya maskot ini. Menurut Caroline, karya maskot SULU dan SURA dapa menampilkan unsur ke-Indonesiaan.

Dewan juri pun menilai bahwa SULU dan SURA mudah dimodifikasi menggunakan baju adat masing-masing daerah. 

Sementara itu melansir dari kompas.com, Sabtu 26 November 2022, dewan juri lain, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, August Mellaz berharap agar maskot ini dapat membantu meningkatkan partisipasi publik dalam Pemilu 2024.

"Maskot ini diharapkan dapat membantu masyarakat mengenal, mengingat, dan akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 mendatang," kata Mellaz.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Persebaya, Pendekar Cisadane Ingin Buktikan Kebangkitan

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Persebaya, Pendekar Cisadane Ingin Buktikan Kebangkitan

Jumat, 23 Februari 2024 | 10:19

Pekan ke-25 lanjutan BRI Ligas 1 musim 2023/2024 antara Persita melawan Persebaya di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Jumat, 23 Februari 2024, sekitar pukul 15.00 WIB.

BANDARA
Fasilitas Keselamatan Bandara Soekarno-Hatta Diinspeksi

Fasilitas Keselamatan Bandara Soekarno-Hatta Diinspeksi

Kamis, 22 Februari 2024 | 16:39

Sejalan dengan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Angkasa Pura (AP) II memastikan seluruh fasilitas, perlengkapan dan peralatan dapat berfungsi baik dan optimal di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

OPINI
Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Setahun terakhir harga beras terus mengalami kenaikan tinggi, bahkan kenaikan harga beras di tahun 2023 nyaris 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill