Connect With Us

Duh! Calo TKI Demo BNP2TKI

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 4 November 2013 | 17:37

Aksi demontrasi di BNP2TKI. (tangerangnews / rangga)


TANGERANG-Puluhan calo pemulangan TKI yang menyebut diri mereka pekerja di Balai Pelayanan Kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (BPK TKI) mendemo Kantor Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di Kelurahan Selapajang, Kecamatan Neglasari, Kabupaten Tangerang, Senin (4/11) siang.
 
Mereka memprotes diberlakukannya Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) No 16/2012 tentang tata cara kepulangan TKI dari Negara penempatan secara mandiri ke daerah asal.
 
Salah satu yang diatur dalam Permen tersebut ialah dibebaskannya para TKI untuk menggunakan angkutan umum sesampaianya di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta.
 
Hal itu itu menyebabkan sepinya TKI yang turun di gedung BPK TKI. "Hanya 60 orang TKI saja yang turun di BPK TKI, kebanyakan turun di Terminal 2. Hal itu membuat semua pekerja (calo) hanya bekerja 60 hari sekali," kata Koordinator aksi Agus Safaat.
 
Menurut Agus, TKI yang keluar melalui Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta bukan karena Ingin pulang secara mandiri, tetapi ada beberapa pihak yang mensiasati dan menghalang-halangi mereka sehingga tidak bisa ke gedung BPK TKI.
 
"Ini karena ada kepentingan-kepentingan ilegal disana, seharusnya pihak BNP2TKI yang bertanggung Jawab," katanya.
 
Selain itu, mereka juga menuntut Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat agar segera mencopot Direktur Pengamanan BNP2TKI Brigjen Pol Bambang Purwanto  Kepala BPK TKU Kombes Pol Rolly La Hebba karena tidak mampu melindungi TKI di Terminal 2 serta diduga ikut terlibat bisnis pemulangan TKI secara ilegal.
 
"Jumhur Hidayat harus segera membenahi semua oknum petugas BNP2TKI yang bermain di dalamnya," tukasnya.
 
Sementara itu, Kombes Pol Rolly La Hebba mengatakan, pihaknya telah menerima dan akan menyampaikan permasalahan tersebut ke pimpinan karena dirinya tidak mempunyai wewenang untuk memberantas calo yang ada di gedung BPK TKI.
 
"Sebelum saya di sini, calo-calo tersebut memang sudah ada, saya akan buktikan karena saya di sini hanya sebagai pelaksana saja. Saya siap mundur hari ini tidak masalah dan untuk Terminal 2 akan saya sampaikan," ujarnya.
 
BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TEKNO
Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Sabtu, 4 Mei 2024 | 12:42

Media sosial di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi Meta, Instagram resmi akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill