Connect With Us

Dua Tahun Berturut-turut Penumpang Pesawat Naik 19 Persen

Dira Derby | Selasa, 3 Desember 2013 | 17:23

Kampanye keselamatan Penerbangan (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


TANGERANG-Selama dua tahun belakangan ini, pengguna jasa Bandara di Indonesia naik mencapai 19 persen. Pergerakan penumpang yang begitu signifikan tersebut pun diikuti oleh pergerakan pesawat. Hal itu menyebabkan seringnya terjadi delay di Indonesia.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan seusai membuka Ramp Safety Campaign 2013 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (3/12).

“ Pergerakan penumpang saat ini naik signifikan. Sepanjang 2011,  2012 setiap tahun-nya naik 19 Persen, pergerakan pesawat pun sama. Suka tidak suka, kemampuan orang untuk bisa naik pesawat yang  dulunya darat dan laut,  sekarang bergeser ke udara. Pesawat lebih cepat, terjangkau,  apalagi lebih bisa terjamin keselamatan-nya, tentu ini akan terus naik,” ujar Mangindaan.

Mengingat melonjaknya jumlah penumpang tersebut, menurut Mangindaan, apa yang dilakukan PT Angkasa Pura II di Bandara Soekarno-Hatta dengan mengkampanyekan keselamatan penerbangan harus juga dilakukan oleh Bandara lain.

“Safety yang kita maksudkan di sini dari sisi airside. Tuntutan yang begitu tinggi akan keselamatan harus diikuti. Kampanye seperti ini bisa merubah mindset  petugas dan stakeholder,” katanya.

Kegiatan dengan cara bergotong royong dan pemikiran yang sama untuk keselamatan penerbangan seperti ini,  menurut Mangindaan harus bisa menjawab tuntutan yang begitu tinggi. Untuk awal, memang kampanye seperti ini harus dilakukan di Bandara yang paling sibuk, yakni Bandara Soekarno-Hatta. ”Tiga hal yang harus dijawab, mindset harus berubah, sinergisitas dan culture atau budaya,” katanya.
 
Ketika ditanya bagaimana merubah mindset, menurut Mangindaan, upaya kampanye yang tengah dilakukan bagian dari mencoba merubah mindset.

 “Seminar, workshop, latihan bersama. Kalau dibiasakan akan memiliki kesamaan pemikiran. Saya tidak pernah bisa memisahkan keamanan dengan  kenyamanan. Ini dimulai dari kami petugas, baru pengguna jasa,” tuturnya. 
TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill