Connect With Us

Proyek Grand Design Bandara Jalan di Tempat

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 5 Mei 2015 | 15:40

Bandara Soekarno-Hatta (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANG-Proyek Grand Design Bandara Soekarno-Hatta yang digadang-gadang sudah bisa beroperasi pada tahun 2015 sepertinya baru sebatas wacana belaka.

Hingga Selasa (5/5), tidak satu pun poin dari megaproyek tersebut sudah terealisasi. Bahkan beberapa proyek terkesan berjalan di tempat dan belum ada progress sama sekali.

Untuk diketahui, Grand Design Bandara Soekarno-Hatta sendiri meliputi lima poin besar, yakni pembangunan stasiun kereta bandara, perluasan Terminal 3 atau T3 Ultimate, pembangunan integrated building, pemugaran Terminal 1 dan Terminal 2, serta pengoperasian automated people mover system (APMS).

Pantauan di lokasi pada Selasa pagi, kondisi pembangunan stasiun kereta bandara dan rel masih belum terlihat kemajuan apapun.

Di lokasi pengerjaan, bentuk fisik stasiun sama sekali belum terlihat, hanya ada galian dan penempatan fondasi stasiun saja. Pengerjaan stasiun sendiri sudah dimulai sejak Oktober 2014 lalu, tepat saat pintu M1 resmi ditutup. Padahal, stasiun bandara sendiri ditargetkan sudah bisa beroperasi pada awal 2016.

Mangkraknya pengerjaan stasiun dan pembangunan rel pun otomatis berdampak pada dua proyek berikutnya, yakni integrated building dan APMS.

Pasalnya, integrated building sendiri merupakan bangunan yang akan terkoneksi dengan stasiun kereta bandara, Terminal 1, dan Terminal 2 bandara. Sementara itu, APMS yang merupakan trasportasi rel pun juga tidak bisa beroperasi jika rel belum dibangun. APMS sendiri nantinya khusus digunakan untuk mengantar penumpang dari stasiun bandara ke Terminal 3.

Pemugaran besar-besaran Terminal 1 dan Terminal 2 pun hingga kini belum dilakukan. Pemugaran dua terminal ini dinilai perlu dilaksanakan mengingat sama sekali belum ada renovasi besar sejak tahun 1984 lalu.

Hanya pembangunan T3 Ultimate yang sedikit demi sedikit masih menunjukkan kemajuan. Namun, bila dilihat dari target penyelesaian, jelas kondisi sekarang masih sangat jauh dari selesai. Pihak bandara kala itu mengatakan bahwa T3 Ultimate sudah bisa beroperasi pada Agustus 2015.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TANGSEL
Gegara Masalah Parkir, Satpam di Pondok Aren Tangsel Jarinya Digigit Jukir Liar Sampai Putus

Gegara Masalah Parkir, Satpam di Pondok Aren Tangsel Jarinya Digigit Jukir Liar Sampai Putus

Kamis, 2 Mei 2024 | 21:22

Seorang satpam Gereja Immanuel di Jalan Maleo Raya, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), jarinya digigit hingga putus oleh juru parkir (jukir) liar.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill