Connect With Us

9 Orang Jamaah Haji Indonesia Masih Tertahan di Filipina

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 4 September 2016 | 15:00

Dubes RI untuk Filipina Johny J Lumintang di VIP Lounge Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Sebanyak 168 calon jamaah haji Indonesia yang ditahan di Filipina karena travel yang memberangkat mereka menggunakan paspor Filipina, akhirnya dipulangkan ke tanah air.

 

"Dari 177 orang, 168 orang diantaranya berhasil kita pulangkan. Sedangkan 9 orang lainya masih menjalani pemeriksaan otoritas Filipina sebagai saksi. Mereka masih di sana karena mereka mengerti bahasa Inggris," kata Dubes RI untuk Filipina Johny J Lumintang di VIP Lounge Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Minggu (4/9/2016).

 

Menurut Johny, ratusan calon jamaah ini diterbangkan dengan pesawat charter Air Asia dari Filipina ke Makasar lalu ke Jakarta.

 

"Kita ke Makasar dulu tadi pagi, karena ada 110 orang asal Makasar dan Kalimantan Timur turun di sana. Sedangkan 58 orang asal Jawa Barat  DKI Jakarta dan Banten turun di Jakarta," jelasnya.

 

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Muhammad Iqbal mengatakan, pemulangan calon jamaah ini melalui proses yang cukup panjang. Langkah awal, pihak Kedubes mindahkan dahulu mereka dari  ruangtahanan imigrasi ke KBRI.

 

"Lalu kita bikin kesepakatan, karena hanya 9 orang yang bisa bahasa inggris, mereka yang jadi saksi di sana. Jadi yang lainnya boleh pulang. Mereka ini pahlawan," katanya.

 

Selanjutnya kata Iqbal, setelah  dipulangkan ke tanah air, calon jamaah ini diserah terimakan kepada Pemda setempat untuk dipulangkan ke daerah asal. "Tugas Kemenlu hanya memulangkan sampai tanah air," jelasnya.

 

 

 

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill