Connect With Us

WN Malaysia Bawa Koper Isi Sabu

| Minggu, 9 Mei 2010 | 21:13

Pelaku penyelundupan Sabu asal Malaysia (tangerangnews / dens)

TANGERANGNEWS-Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat (7/5) kembali menggagalkan upaya penyelundupan sabu seberat 5.630 gram sekitar 18.14 WIB.

Sabu  senilai Rp.11,2 miliar itu  dibawa dua orang WN Malaysia dengan modus  disimpan disela-sela dinding koper yang sudah dilapisi karbun enam bungkus.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta Bahaduri Widjayanta mengatakan, dua orang warga Negara Malaysia itu menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menumpangi pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ-962 rute Shenzen-Singapura-Jakarta.

"Mereka keluar dari terminal Kedatangan 2D, keduanya adalah  Yong Koung Yee dan Lee Chun Hwa," ujarnya, hari ini.  

Kronologis penangkapan tersangka, berawal dari dilakukannya pemeriksaan terhadap koper keduanya. Pada saat melakukan pemeriksaan, petugas Bea dan Cukai mendapati image yang mencurigakan diketahui milik penumpang WN Malaysia, yakni Yong Koung Yee,26. Karena melihat ada warna yang mencurigakan, petugas lalu melakukan pemeriksaan isi tas koper secara mendalam.

Saat diperiksa, petugas akhirnya menemukan enam paket kristak bening yang diduga adalah Sabu dengan berat 5.630 gram. Saat itu juga Young Koung Yee langsung ditangkap. Rupanya Young Koung Yee tidak sendirian. Dirinya mengaku membawa koper itu bersama dengan temannya yakni Lee Chun Hwa. Menurut dia, Lee telah pergi lebih dulu untuk mempersiapkan kendaraan taksi. "Berkat keterangan itu kami langsung meringkus Lee dari salah satu counter taksi ," ucapnya. Lee pun akhirnya mengakui, dirinya akan membawa barang haram itu ke sebuah hotel di dekat Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Lee mengaku, kekasihnya yang juga bernama Lee dan berasal dari China  itu sudah menunggu di sana.  Sayangnya begitu petugas sampai di lokasi bersama dengan Satuan Narkoba Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta seorang wanita bernama Lee itu berhasil melarikan diri. "Diduga kekasihnya itu telah mengetahyi dia telah ditangkap," ujarnya.

Penangkapan kedua WN asal Malaysia itu terhitung sejak. Januari 2010 hingga kemarin menjadi daftar WN Malaysia yang berhasil ditangkap enam tersangka dari 23 kasus penyelundupan sabu dengan totak seberat 107 Kg atau senilai 220 miliar. Kapolres Metro Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kombes Pol Tornagogo Sihombing mengatakan, dugaan sementara pelaku bukanlah kurir. Apalagi keduanya memiliki pekerjaan tetap, yang pertama yakni Young Koung Yee adalah kontraktor. Sedangka Lee Chun Hwa adalah designer. "Diduga mereka adalah jaringan narkotika nasional," ujarnya. (dira)
BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill