Connect With Us

Gunakan Paspor Palsu, Lima Imigran Gelap Ditangkap

| Rabu, 12 Oktober 2011 | 18:43

Penumpukan penumpukan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Sebanyak enam warga Negara asal Afganistan ditangkap petugas Imigrasi Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pada Selasa (11/10). Mereka ditangkap karena menggunakan paspor palsu saat transit di Indonesia dari Malaysia.  

Ke enam warga Afganistan tersebut terdiri dari dua permpuan yakni Shek Hali dan Marag Hani. Serta tiga laki-laki yakni Mendi Dokohaki, Muhammad Reza, Aghea dan Mendi.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Imigrasi Klas 1 Khusus Bandara Seokarno Hatta, Dirman Sukardi, para imigran gelap ini ditangkap setelah mendarat di Terminal 1 D dengan pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH-713 dari Malaysia sekitar pukul 16.00 WIB.

 “Awalnya petugas mencurigai gerak gerik mereka, saat paspor mereka diperiksa, ternyata paslu. Kemudian langung kita bawa ke kantor Imigrasi,” ungkapnya, Rabu (12/10).

 Kepada petugas, mereka mengaku mencari suaka politik untuk meintaperlindungan karena di Negara Asalnya sedang terjadi perang.

“Awalnya mereka pergi Afganistan ke Malaysia, kemudian mereka transit di Indonesia untuk melanjutkan perjalanan ke tempat lain, tapi kita belum tau kemana tujuan mereka. Masih kita selidiki,” kata Driman.

 Menurut Dirman, keenamnya bisa dikenakan sanksi kurungan penjara 5 tahun karena melanggar pasal 48 UU No 9/1992 tentang Keimigrasian. Selain sanki pidana, juga bisa dikenakan sanksi administrasi dengan deportasi. “Kita akan menyurati Kedubes Afganistan. Kalau benar ini warganya, kita akan pulangkan ke negara asalnya,” terangnya.(RAZ)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill