Connect With Us

Korban Pilot Gadungan Terus Bertambah

| Rabu, 20 Juni 2012 | 19:09

Pelaku pilot gadungan. (tangerangnews / rangga)

TANGERANG-Jumlah korban penipuan YT, 38, pilot gadungan yang dibekuk Polres Metro Bandara Soekarno Hatta (BSH), Senin (18/6) lalu, terus bertambah. Setelah sebelumnya pengusaha telepon seluler jenis Blackberry tertipu aksi warga Tomang, Jakarta Barat tersebut, kali ini korbannya adalah warga Serpong, yang tertipu hingga Rp160 juta.
 
Terkuaknya aksi YT ini setelah warga Serpong melaporkan ulah penipuan tersangka ke Mapolres Metro BSH, Rabu (20/6). “Satu lagi warga Serpong melaporkan aksi penipuan YT. Korban ditipu degan iming-imingan bisa masuk mskapai Lion Air, dan bisnis investasi. Transaksi penipuan terjadi di Serpong,” kata Kompol Siswo Yuwono, Kasatreskrim Polres Metro BSH.
 
Selain warga Serpong, beber Siswo, juga ada laporan dari seorang penjahit pakaian asal Pasar Baru Jakarta Pusat. “Korban ini juga melaporkan aksi penipuan yang dilakukan tersangka. Bahkan, total laporan yang diterima, sudah 10 orang yang melaporkan aksi tersangka ini,” ucap Siswo.
 
Sebelumnya, kasus penipuan ini terungkap setelah 8 orang pedagang telepon seluler Blackberry, I-pad dan I-phone dibeberapa lokasi antara lain ITC Roxi Mas, ITC Kuningan, Lippo Karawaci dan Mal Ambasador tertipu aksi pelaku yang selalu berpakaian pilot Singapore Airline berpangkat kapten tersebut.
 
Setelah para pedagang ini secara bertahap mengirim barang pesanan tersangka ke BSH, pelaku tidak membayar kepada pedagang. Sebab, para korban hanya dijanjikan sejumlah uang dengan diminta menunggu di loby terminal, sedangkan tersangka masuk ke dalam terminal, lalu menghilang.
 
“Tersangka YT alias Sujud alias Wisnu yang bekerja sebagai bos limbah ini mengaku sebagai pilot dari maskapai penerbangan Singapore Airline (SQ). Ia memesan beberapa Blackberry, I-pad dan I-phone agar dikirim ke bandara. Perbuatan ini dilakukan dari tahun 2008 hingga 2012,” jelas Siswo.
 
Doni Setiawan salah satu pedagang HP dari ITC Kuningan yang jadi korban penipuan YT mengatakan, dirinya percaya tersangka sebagai pilot karena berpakain seragam pilot dengan pangkat Kapten. “Saya lebih yakin lagi karena ia bisa keluar masuk ruang terminal dengan bebas. Makanya, itu ketika tersangka memesan Blackberry, I-pad dengan biaya hingga Rp46 juta, saya lagsung kirim ke bandara. Tapi sampai saat ini belum pernah bayar,” ucapnya.
 
Kapolres Metro BSH Kombespol Reynhard Silitonga menjelaskan, semula jumlah pedagang yang melapor ada 8 orang, tapi tak tertutup kemungkinan korban masih banyak lagi yang belum melapor. “Saya imbau yang merasa tertipu melaporkan ke Polres. Sebab, kelakuan tersangka sudah melawan hukum pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” imbaunya.(DRA)

KAB. TANGERANG
Pj Bupati Tangerang Sebut May Day Jadi Momen Pererat Hubungan Buruh dan Pengusaha

Pj Bupati Tangerang Sebut May Day Jadi Momen Pererat Hubungan Buruh dan Pengusaha

Kamis, 2 Mei 2024 | 00:50

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menyebut peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2024, menjadi momen merekatkan hubungan antara buruh dengan pengusaha, hingga pemerintah.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill