Connect With Us

Uang Palsu Dibelikan Tiket, Pria Kalimantan dibekuk Polisi Bandara

| Minggu, 12 Agustus 2012 | 17:00

Kasubag Humas Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta, AKP Agus Tri saat menujukan barang bukti uang palsu kepada wartawan. (tangerangnews / dira)



Reporter : Dira Derby

TANGERANG-Petugas Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta membekuk pengedar uang palsu bernama Tow bin Sal warga Jalan Rawa Sari Gg Sepakat II RT 3/1 Sengkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Pelaku melakukan aksinya untuk membeli tiket maskapai penerbangan Lion Air JT0577 dari Surabaya tujuan Pontianak transit di Bandara Soekarno-Hatta.  "Selain membeli tiket, dia membeli oleh-oleh. Sengaja dia transit di sejumlah bandara, dengan maksud menukar semua uang palsu itu dengan barang yang dibelinya," ujar Kasubag Humas Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta, Akp Agus Tri, Minggu (12/8).


Dijelaskannya, informasi itu diketahui dari petugas penjual tiket di Bandara Juanda. "Karena dia membeli tiket dengan uang palsu di sana," katanya.

Setelah itu, petugas Polres Bandara langsung melakukan penyisiran terhadap seseorang yang diinformasi tersebut. "Lalu kami berhasil menangkapnya. Dari kantong celana pelaku ditemukan uang palsu Rp1,6 juta.  Sedangakan dibagasi ada 333 lembar uang pecahan yang sama yakni Rp100 ribu," katanya.


Pelaku mengaku mendapatkan uang palsu tersebut dari seseorang di Surabaya yang kini masih dalam pengejaran polisi."Dia membeli uang palsu itu dengan uang aseli. Rp40 juta uang palsu dibelinya dengan uang aseli Rp12 juta," katanya.


Uang palsu yang dimiliki tersangka sebenarnya sangat terlihat jelas. "Karena tidak ada hologram dan tak ada tanda air. Hanya saja kalau ditawang mirip dengan aselinya," katanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Siswoyuwono mengatakan, pelaku terancam pasal 245 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara tentang menguasai, menyimpan dan mengedarkan uang palsu. "Kami masih mengejar pelaku pemalsuannya. Disnyalir ada di daerah Surabaya," singkatnya.

BANTEN
Kisah Inspiratif Srikandi PLN Hadapi Tantangan Hadirkan Layanan Listrik 

Kisah Inspiratif Srikandi PLN Hadapi Tantangan Hadirkan Layanan Listrik 

Jumat, 3 Mei 2024 | 17:45

PT PLN (Persero) memberikan kesempatan bagi para pegawai wanita, atau Srikandi PLN, untuk berperan dalam menjaga keandalan pasokan listrik dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:02

Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah haji adalah salah satu kewajiban agama yang sangat diidamkan. Selain menjadi momen spiritual yang mendalam,

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill