Connect With Us

2013 Penyelenggaraan Haji dipindah ke Halim

| Jumat, 14 September 2012 | 21:43

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, terminal 3 (tangerangnews / dira)

Reporter : Dira Derby

 
TANGERANG-Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II menyatakan pada 2013 mendatang, penyelenggaraan haji akan dipindah ke Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta. Itu semua berkaitan dengan akan dibongkarnya terminal haji untuk dibangun apron guna memperluas terminal 3 bandara tersebut.
 
Deputy Senior General Manager PT Angkasa Pura II, Bram Bharoto Tjiptadi mengatakan, sehubungan dengan telah dilakukannya groundbreaking pada Kamis (2/8) lalu yang diresmikan oleh Presiden SBY, pihaknya memang akan membongkar terminal haji. “Ada pun alternatifnya adalah ke Bandara Halim Perdana Kusuma untuk dijadikan terminal haji sementara,” kata Bram Bharoto Tjiptadi, Jumat (14/9), ketika ditemui di acara halal bihalal di gedung Otoritas Bandara Soekarno-Hatta.
 
Terminal haji yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini akan dijadikan apron dan perluasan peer 2 Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. “Bandara saat ini terus berkembang, bahkan masuk dalam 12 bandara tersibuk di dunia. Itu (terminal haji) sudah lama akan dibongkar, ” terangnya.
 
Sementara itu, Coorporate Secretary PT Angkasa Pura II, Trisno Heriyadi mengatakan, ada pun persiapan Bandara Soekarno-Hatta pada penyelenggaraan haji tahun ini masih tetap di Bandara Soekarno-Hatta. “Kalau yang tahun ini sudah siap di sini, Pak Bram yang menjadi penanggung jawabnya. Dan itu sudah finish, tanggal 21 ini akan dimulai, “ katanya.
 
Adapun pada tahun ini akan ada aturan baru pada penyelenggaraan haji. Menurut Bram, peraturan baru itu diantaranya adalah peserta haji tidak boleh dijemput di terminal haji Bandara Internasional Soekarno-Hatta. “Semua akan ditemui di pendopo masing-masing daerah,  termasuk Banten sekalipun. Baik itu yang dekat, seperti Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, tetap tidak ada perbedaan. Mereka harus dijemput di Serang letak dimana Ibukota Provinsi berada,” jelasnya.
 
Suharyadi Kabid Angkutan Udara dan Kelaikan Keudaraan (Kementerian Perhubungan)  Otoritas Bandara Soekarno-Hatta membenarkan jika ada rencana pemindahan penyelenggaraan ke Bandara Halim Perdana Kusuma. “Wacana itu benar, karena di sini memang sudah tidak dapat menampung lagi,” jelasnya.
 
Sedangkan soal tidak boleh dijemput para jamaah haji, pihaknya mengatakan, sudah melakukan rapat baik dengan PT Angkasa Pura II dan maskapai penerbangan serta seluruh Pemda di Indonesia. “Pokoknya di sini hanya diberi waktu tiga jam, kita ingin mereka langsung diangkut, baik maskapai bekerjasama dengan maskapai lainnya. Misalnya ke Lampung, ya di sini hanya tiga jam, adapun jika delay, harus diinapkan ke hotel,” jelasnya.  
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
Jangan Beli Rumah Bekas Sebelum Cek Kelistrikan, Begini Tipsnya dari PLN 

Jangan Beli Rumah Bekas Sebelum Cek Kelistrikan, Begini Tipsnya dari PLN 

Selasa, 7 Mei 2024 | 20:21

Saat membeli rumah bekas, tentunya perlu untuk memperhatikan beberapa aspek, terutama terkait sistem kelistrikan rumah.

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill