Connect With Us

Fenomena Awan Tsunami Muncul di Pelabuhan Merak Banten

Tim TangerangNews.com | Selasa, 15 Februari 2022 | 07:59

Fenomena awan yang memanjang dan bergulung seperti awan tsunami terlihat di kawasan Pelabuhan Merak, Banten, Senin 14 Februari 2022. (@TangerangNews / Twitter)

TANGERANGNEWS.com-Awan gelap berbentuk memanjang dan bergulung seperti awan tsunami muncul di kawasan Pelabuhan Merak, Banten. Fenomena tersebut terekam dalam sebuah video yang beredar pada Senin 14 Februari 2022. 

Merespons hal tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG yang membawahi wilayah Banten melalui akun instagram @bmkgwilayah2 menyebut awan yang terlihat oleh warga pada pagi hari itu adalah awan arcus. 

Menurut BMKG, awan tersebut tumbuh akibat adanya pertemuan massa udara hangat dan dingin. Awan arcus merupakan salah satu fitur dari awan cumulonimbus (CB). 

“Awan ini biasanya berkaitan dengan adanya hujan lebat, angin kencang, dan petir/kilat ," bunyi keterangan dari BMKG. 

Dalam postingan juga diberi gambar pergerakan busur awan di atas wilayah Merak ke arah timur pada pukul 05.00, 06.00, 08.00 dan 09.00 WIB pada pagi itu. 

Memang terlihat ada pergerakan awan yang sisi luarnya tegas menghadap ke arah Merak.

Tak hanya itu, BMKG juga menyebutkan bahwa fenomena awan arcus tidak mempunyai kaitan atau hubungan dengan kejadian gempa bumi dan tsunami. Fenomena awan tersebut seperti yang juga pernah terlihat di daerah-daerah lainnya.

Selain itu pula tidak berkaitan dengan bibit siklon tropis yang terpantau keberadaannya di Samudera Hindia selatan Jawa Barat. “Tak ada hubungan dengan bibit siklon 97S,” ujar Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca di BMKG, Miming Saepudin, Senin 14 Februari 2022.

WISATA
5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

Kamis, 13 Juni 2024 | 10:44

Kuliner di Kota Tangerang selalu menarik perhatian, dari yang legendaris hingga yang unik dan lezat, sering kali menjadi viral di media sosial.

SPORT
Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Minggu, 16 Juni 2024 | 13:03

Jakarta Electric PLN kembali berhasil mengalahkan juara bertahan Bandung BJB Tandamata dengan skor 3-2 dalam lanjutan putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024 di Gedung Olahraga Ken Arok, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill