Connect With Us

Jangan Tunggu Kejadian, Ini Manfaat & Tips Pilih Asuransi Kesehatan 

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 13 Juli 2021 | 12:09

Ilustrasi asuransi kesehatan. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun di Indonesia hingga biaya perawatan medis yang kian mahal, mulai membuka mata masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan.

Asuransi merupakan produk keuangan yang sebenarnya wajib dimiliki oleh setiap orang beserta keluarga untuk meminimalisir terjadinya berbagai risiko saat menjalani kehidupan.

Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa disiapkan oleh masyarakat. Asuransi kesehatan menjadi salah satu jenis asuransi yang tergolong wajib untuk dimiliki. Pasalnya, tidak ada yang tahu pasti kapan penyakit dan masalah kesehatan akan datang menghampiri seseorang.

Di sisi lain, biaya kesehatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya juga sangat rentan mengacaukan kondisi keuangan seketika. Karena alasan itu lah, asuransi kesehatan sebaiknya disiapkan oleh semua orang sebagai upaya preventif untuk mengantisipasi kejadian tersebut.

Menyiapkan asuransi kesehatan terbaik juga mampu memberikan sederet manfaat lainnya yang sebanding dengan premi yang perlu dibayar secara rutin. Selain itu, ada pula beberapa tips yang perlu diketahui agar mampu memilih produk asuransi kesehatan yang paling cocok dengan kebutuhan dan risiko.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang manfaat dan tips memilih asuransi kesehatan berikut ini.

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Dibandingkan dengan layanan BPJS Kesehatan, salah satu manfaat utama dari memiliki asuransi kesehatan adalah menghindari potensi pengeluaran masif, untuk membayar biaya perawatan atau rumah sakit yang mungkin melebihi tanggungan yang diberikan oleh pemerintah.

Asuransi kesehatan terbagi menjadi dua, yakni penyakit kritis dam rawat inap yang mampu melindungi penghasilan ketika tulang punggung keluarga tak lagi mampu bekerja. Lalu, ada pula asuransi jiwa yang berguna untuk melindungi keberlanjutan hidup anggota keluarga lainnya.

Memiliki asuransi kesehatan mampu menurunkan risiko terganggunya kondisi keuangan keluarga saat kondisi atau hal yang tak diinginkan terjadi. Risiko masalah kesehatan dan menjalani perawatan di rumah sakit tidak ada yang tahu kapan akan terjadi.

Biayanya yang juga tak menentu dan relatif mahal menjadi alasan utama mengapa asuransi kesehatan ini perlu disiapkan jauh-jauh hari oleh semua orang.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Terbaik

Tips paling mendasar dalam memilih asuransi kesehatan sebenarnya berkutat tentang jenis perlindungan medis apa saja yang dibutuhkan dan menyesuaikan premi bulanan atau tahunannya dengan budget. Jadi, tidak terlalu sulit sebenarnya untuk menentukan produk asuransi kesehatan seperti apa yang sebaiknya dipilih.

Terkait produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu memahami apakah aktivitas harian Anda sering berada di luar negeri atau hanya di dalam negeri saja. Pasalnya, jika sering melakukan aktivitas di luar negeri, Anda tentu perlu mengajukan asuransi kesehatan yang memiliki rekanan rumah sakit di negara tersebut.

Sedangkan untuk biaya premi asuransi kesehatan, usahakan alokasi anggaran untuk kebutuhan ini tak lebih dari 10 persen dari pendapatan per bulan atau per tahun. Sebagai contoh, jika memiliki penghasilan setiap bulan sebesar Rp5 juta, maka budget untuk kebutuhan asuransi kesehatan berkisar di angka Rp500 ribu. Hal ini bertujuan agar kebutuhan penting lainnya tak saling tumpang tindih hingga terdapat kebutuhan yang tak terpenuhi.

Tanamkan pula pemahaman bahwa mempersiapkan asuransi kesehatan ini berguna untuk memberikan rasa tenang, kemudahan dalam mengatur keuangan, merasakan pelayanan medis yang layak, tak merepotkan orang lain, serta terhindar dari risiko meninggal dini. Oleh karena itu, jangan anggap remeh pentingnya memiliki asuransi kesehatan ini bagi diri Anda sendiri maupun keluarga tercinta.

Fasilitas Asuransi Kesehatan yang Perlu Didapatkan

Selain memahami manfaat dan tips di atas, Anda juga perlu mencari tahu fasilitas medis apa saja yang diberikan oleh asuransi kesehatan. Berikut adalah beberapa jenis perlindungan dan fasilitas yang harus mampu diberikan oleh penyedia asuransi kesehatan yang Anda pilih:

1. Kenyamanan Privasi pada Kamar Rumah Sakit

Fasilitas pertama yang wajib disediakan oleh asuransi kesehatan adalah kamar pribadi yang nyaman dan sesuai kebutuhan saat harus melakukan rawat inap. Hal ini termasuk adanya segala kebutuhan mendasar bagi penghuninya, seperti, kamar mandi dalam, tempat tidur yang layak, dan lain sebagainya.

2. Fasilitas Cashless dan Cakupan Wilayah Rumah Sakit Rekanan

Fasilitas cashless atau non-tunai dan cakupan wilayah rumah sakit rekanan yang luas juga menjadi fasilitas yang wajib Anda dapatkan saat mengajukan asuransi kesehatan. Pasalnya, fasilitas tersebut mampu memberikan ketenangan pada proses penyembuhan karena pembayaran biaya rumah sakit bisa dilakukan secara non-tunai dan proses pengobatan menjadi tak tertunda.

3. Plan Keluarga dengan Cakupan Seluruh Anggota Keluarga

Pilih asuransi kesehatan yang mampu memberikan perlindungan kepada seluruh anggota keluarga dengan 1 polis saja. Dengan begitu, manfaat mengajukan produk keuangan tersebut akan jauh lebih optimal didapatkan.

4. Kelengkapan Manfaat yang Diberikan

Semakin lengkap manfaat yang diberikan, semakin baik pula asuransi kesehatan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mengenai kelengkapan perlindungan asuransi ini adalah layanan medis internasional maupun lokal, manfaat medical second opinion atau opini medis kedua, serta kehilangan nyawa. Tak hanya itu, jangan ragu pula untuk menambahkan perlindungan tambahan jika memang diperlukan.

Tak Lagi Was-Was, Lindungi Diri dan Keluarga Tercinta dengan Asuransi Kesehatan

Itulah sekilas penjelasan mengenai manfaat, tips, dan fasilitas yang perlu didapatkan saat memilih asuransi kesehatan. Pahami jika memiliki asuransi kesehatan mampu menghilangkan beban pikiran dan rasa khawatir terkait masalah kesehatan dan penyakit yang bisa saja muncul secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sebelum kejadian, siapkan asuransi kesehatan ini untuk lindungi diri Anda sendiri dan keluarga tercinta sedini mungkin.

WISATA
5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

Kamis, 13 Juni 2024 | 10:44

Kuliner di Kota Tangerang selalu menarik perhatian, dari yang legendaris hingga yang unik dan lezat, sering kali menjadi viral di media sosial.

OPINI
Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:21

Adapun perpanjangan waktu ekspor konsentrat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan kelangsungan produksi dan pencapaian hilirisasi industri.

BANTEN
Listrik Andal Selama Perayaan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah di Banten 

Listrik Andal Selama Perayaan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah di Banten 

Senin, 17 Juni 2024 | 16:52

Perayaan Hari Raya Idul Adha 2024 di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Banten berlangsung dengan lancar dan aman, sehingga masyarakat dapat melaksanakan salat dan kegiatan kurban pada Senin, 17 Juni 2024.

HIBURAN
D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

Jumat, 14 Juni 2024 | 14:50

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan meluncurkan Jingle, Maskot dan Tagline dalam rangka memeriahkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, Jumat 14 Juni 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill