Connect With Us

Kabupaten Tangerang Dapat WTP yang Ke-6

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 4 Juni 2014 | 21:05

Kabupaten Tangerang Dapat WTP yang Ke-6 (Sukma / TangerangNews)

TANGERANG-BPK Perwakilan Propinsi Banten kembali menetepkan Pemerintah Kabupaten Tangerang meraih prestasi tertinggi  di bidang laporan keuangan tahun 2013 yaitu meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke enam kalinya.

Penetapan ini setelah Kepala BPK RI perwakilan Propinsi Banten Efdinal menyerahkan langsung laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2013 pada Pemerintah Kabupaten Tangerang, yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor BPK RI Propinsi Banten di Serang, Senin (04 Juni 2014).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Tangerang A Zaki Iskandar dan  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Barhum HS.
 
Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Propinsi Banten Efdinal mengatakan Kabupaten Tangerang telah menyampaikan laporan keuangankepada BPK RI untuk diperiksa. Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 15 tahun 2004 pasal 17 yang menyatakan bahwa laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah disampaikan oleh BPK kepada DPRD  selambat-lambatnya 2 (dua) bulan setelah menerima laporan keuangan dari pemerintah daerah.
 
Sesuai Nota Kesepahaman antara BPK RI dengan DPRD Kabupaten Tangerang, antara lain diatur bahwa hasil pemeriksaan diserahkan kepada DPRD di Kantor BPK. Selain itu, laporan hasil pemeriksaan juga disampaikan kepada Kepala daerah sebagai bahan tindak lanjut rekomendasi yang diberikan.

“Pada kesempatan ini perlu kami sampaikan bahwa hasil pemeriksaan yang diserahkan terdiri dari laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan, laporan hasil pemeriksaan atas pengendalian intern dan laporan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap perundang-undangan, ,” ujar Efdinal.

Efdinal menambahkan, bahwa pemeriksaan yang dilakukan  menemukan masih ada beberapa kelemahan yang perlu segera diperbaiki. Walaupun demikian kami mencatat beberapa perbaikan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk memperbaiki akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang lebih baik lagi.

“Kami sampaikan bahwa Kabupaten Tangerang konsen dalam pengelolaan keuangan dan akuntabilitasnya khususnya Tahun Anggaran 2013 kembali diraih, ini artinya Pemkab Tangerang meraih opini WTP ke 6 kali berturut-turut.  Untuk itu kami ucapkan selamat ini adalah karena hasil kerja keras kepala daerah beserta jajaranya dan tentu saja dukungan dari DPRD, semoga dapat dipertahankan,” ucap efdinal.

Pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah Kabupaten Tangerang melaporkan ada beberapa temuan kepatuhan dan sistem pengendalian intern yang harus diperbaiki. Atas permasalahan tersebut, BPK RI antara lain merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk ditindak lanjuti.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengucapkan banyak terima kasih kepada BPK RI Propinsi Banten yang menetapkan kembali Kabupaten Tangerang meraih opini WTP ke enam kali berturut-turut. WTP ini menjadi standar di Kabupaten Tangerang sehingga tahun berikutnya akan kembali meraih opini WTP.

“WTP ini menjadi standar kinerja Pemkab tangerang, kedepan ada perbaikan hasil kinerja sehingga temuan-temuan BPK RI tidak terjadi lagi. Dalam rangka penyempurnaan administrasi kami mengharapkan ada binaan dari BPK RI, kami akan selalu terbuka dengan BPK,” kata Zaki

Kedepan Bupati pun berharap opini ini bisa dipertahankan dan memacu kinerja SKPD agar lebih mendongkrak kinerja lebih baik lagi khusunya pembangunan di Kabupaten Tangerang, Bupati  berterimakasih kepada jajaran SKPD yang terus melakukan upaya pembenahan yang signifikan agar WTP ini terus biasa kita tingkatkan.

Bupati A Zaki Iskandar melanjutkan, opini WTP ini telah diraih Pemkab Tangerang lima kali berturut-turut dari tahun 2008, 2009, 2010, 2011,2012 dan tahun 2013. Tentu prestasi ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan buat masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada SKPD yang telah bekerja keras sehingga kita mampu memprtahankan prestasi meraih Opini WTP yang ke enam kalinya. Begitu juga seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tangerang yang telah membantu pemerintah daerah,” ucap Zaki.   
 
 
 
KOTA TANGERANG
Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Sabtu, 27 April 2024 | 22:08

Sosok mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief R Wismansya semakin mendapat dukungan positif menjadi Calon Gubernur Banten.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill