Connect With Us

Ini Keunggulan Pipa HDPE ALVApipe Dibanding Pipa PVC

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 8 Februari 2023 | 17:50

Pipa High Density Polyethylene (HDPE) ALVApipe produksi PT Alpha Cikupa Makmur, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Rabu 8 Februari 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Air minum yang bersih dan berkualitas merupakan kebutuhan dasar yang tidak dapat terlepas dari manusia.

Untuk mendukung penyaluran sirkulasi konsumsi air minum yang bersih dapat dilakukan dengan cara menggunakan ALVApipe Pipa High Density Polyethylene (HDPE), atau biasanya juga dikenal dengan nama pipa PE atau pipa PE 100. 

CEO PT Alpha Cikupa Makmur Alden Lukman mengungkapkan produk Pipa HDPE ALVApipe mempunyai banyak keuntungan, bahkan dalam beberapa hal masih lebih baik dari pipa PVC. 

Pipa HDPE terbuat dari plastik dengan elastisitas tinggi. Umumnya diketahui, penggunaan pipa HDPE biasanya digunakan untuk pendistribusian air minum.

"Material Pipa HDPE dibuat dengan bahan-bahan plastik yang bebas racun dan tidak bereaksi secara kimiawi,” ujar Alden di kantornya di Talagasari, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang Rabu 8 Februari 2023.

Dalam hal ini, penggunaan pipa HDPE sebagai pipa distribusi air bersih sudah sejalan dengan adanya Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 492, yang berbunyi setiap penyelenggara air minum yang diproduksinya aman bagi kesehatan.

Air minum aman bagi kesehatan apabila memenuhi persyaratan fisika, mikrobiologis, kimiawi dan radioaktif yang dimuat dalam parameter wajib dan parameter tambahan.

Alden mengatakan pipa yang diproduksi oleh perusahaannya juga dibuat dengan bahan atau material yang ramah lingkungan.

Hal tersebut merupakan visi bagi perusahaan dalam mendukung kampanye keberlangsungan kelanjutan lingkungan hidup. 

Menurutnya, penggunaan pipa HDPE memiliki masa pakai hingga jangka waktu pemakaian lebih dari 50 tahun. Artinya ALVApipe memiliki kelebihan sebagai pipa dengan material yang  tahan lama (durable) dibandingkan pipa PVC.

"Tentunya keunggulan tersebut secara tidak langsung turut mendukung agar tidak menciptakan pencemaran lingkungan,” ungkap Alden.

Terbukti pipa HDPE ALVApipe menjadi pilihan yang tepat, dibandingkan dengan pipa konvensional. Dalam hal teknis, pipa HDPE ALVApipe terbukti unggul bahkan telah mengantongi sertifikat Green Label Indonesia nomor 006/GLI-GPCI/PP/I/2022. 

Sertifikasi Green Label Indonesia merupakan sertifikasi produk yang ramah lingkungan yang mana diharapkan dapat mengurangi dampak negatif lingkungan.

"ALVApipe menjadi produk yang unggul dan tepat untuk memenuhi kebutuhan pipa industri atau rumah tangga yang ingin mendapatkan sirkulasi air bersih, khususnya kebutuhan terhadap air minum yang lebih sehat,” pungkas Alden. 

Selain telah tersertifikasi Green Label, Pipa HDPE ALVApipe juga telah mengantongi standar ISO SNI 9000:1, Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kemenperin dan sejumlah sertifikasi resmi lainnya. 

Tak hanya memproduksi pipa HDPE, ALVApipe juga memiliki varian produk pipa lainnya yakni pipa gas, pipa telecomunication dan pipa PPR. 

Kebutuhan terhadap Pipa HDPE dan pipa produksi ALVApipe yang lainnya, dapat dibeli melalui toko-toko resmi ALVApipe di Shopee dan Tokopedia.

"Jangan lupa ikuti sosial media kami di instagram @alvapipeindustry agar terus mendapatkan penawaran terbaik dari ALVApipe," jelas Alden.

 

Manfaat atau fungsi Pipa HDPE

Selain untuk pendistribusian air minum atau air bersih, Alden menyebut pipa HDPE juga bermanfaat untuk beberapa hal yang diantaranya sebagai berikut:

-Kebutuhan proyek PDAM.

-Irigasi pertanian.

-Sistem pengairan pada perkebunan. 

-Sistem pengairan pada industri. 

-Pembungkus kabel. 

-Sistem pengairan perikanan. 

-Pembangunan jaringan drainase. 

-Pembangunan jaringan pasokan gas.

-Pembangunan jaringan pembuangan limbah dan sebagainya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

SPORT
Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pemprov Banten Sediakan Doorprize Buat Penonton

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pemprov Banten Sediakan Doorprize Buat Penonton

Senin, 29 April 2024 | 19:50

Pemerintah Provinsi Banten turut menggelar nonton bersama (nobar) laga semi final Piala Asia U-23, antara Timnas Indonesia kontra Uzbekistan, Senin 29 April 2024, malam.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill