Connect With Us

Keren, Pemkab Tangerang Pecahkan Rekor Dunia Baca Tulis Alquran Pelajar Terbanyak

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 17 November 2023 | 02:34

Pemkab Tangerang menerima piagam pemecahan rekor dunia pembacaan Alquran Juzz 30 serentak oleh puluhan ribu pelajar se-Kabupaten Tangerang, Kamis 16 November 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) memecahkan rekor dunia,dalam aksi pembacaan Alquran Juzz 30 serentak oleh puluhan ribu pelajar se-Kabupaten Tangerang.

Dalam acara tersebut, lembaga Record Holders Republic (RHR) mencatatkan jumlah peserta yang mengikuti pembacaan Alquran secara serentak itu mencapai 14.673 pelajar, melebihi target awal 10.000 pelajar.

Kegiatan ini dilakukan di Puspemkab Tangerang yang dipusatkan di Masjid Al Amjad, serta di seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang, Kamis 16 November 2023.

Tim RHR Indonesia Budi Rustandi menyampaikan dalam pemecahan rekor dunia RHR ini memiliki nilai yang luar biasa sebagai sebuah pencapaian skala besar, untuk memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa.

Sebab program baca tulis Alquran menjadi muatan lokal baru untuk Dindik Kabupaten Tangerang. 

Hal tersebut sejalan dengan visi misi Bupati Tangerang yaitu meningkatkan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam bermasyarakat yang religius.

“Semoga Indonesia, khususnya para siswa bisa lebih berprestasi lagi di rekor dunia,” ujarnya. 

Ia juga menyerahkan piagam pemecahan rekor tersebut kepada Kepala Dindik Kabupaten Dadan Gandana, yang juga kreator acara.

Kemudian, Pj Bupati Tangerang Andi Oni dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid, yang menjadi supporting. 

Sementara, Maesyal Rasyid mengatakan pemecahan rekor dunia ini telah melebihi target yang telah ditentukan. Sebanyak 14.673 pelajar SD, MI, Mts dan SMP dari negeri maupun swasta ikut terlibat.

“Hal ini membuktikan bahwa gebyar (baca tulis Alquran) menjadi budaya, kebiasaan yang harus kita jalani umat Islam. Insya Allah kegiatan gebyar ini terus kita kumandangkan di sekolah-sekolah,” ujar Rudi sapaan akrabnya di Masjid Al Amjad, Kabupaten Tangerang, Kamis 16 November 2023.

Ia berharap dengan dimulainya kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, sehingga peserta pun akan terus bertambah. 

“Mudah-mudahan kita terus melaksanakan budaya membaca Alquran keseharian masyarakat kita. Insya Allah secara formal akan dilaksanakan setiap tahun untuk terus meningkatkan jumlah pesertanya,” harapnya. 

Kepala Dindik Kabupaten Tangerang Dadan Gandana mengungkapkan rekor pembacaan Alquran Juzz 30 secara serentak ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

"Karena ini baru yang pertama kali, sangat luar biasa. Mudah-mudahan tahun berikutnya kita akan menggerakkan lebih masif lagi, sebagaimana capaian visi misi kita menjadikan masyarakat Kabupaten Tangerang religius,” tandasnya.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill