Connect With Us

Sopir Angkutan TKI Demo di Pintu M1 Bandara

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 6 Desember 2013 | 18:06

Para Sopir TKI melakukan aksi demonstrasi di depan Pintu M1 (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


 
TANGERANG-Ratusan sopir angkutan pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berdemo di Pintu M1 Bandara Soekarno -Hatta, Jumat (6/12) siang. Aksi yang dilakukan selama satu jam tersebut,  sempat membuat lalu lintas dari Jalan Suryadharma, Neglasari, Kota Tangerang  menuju bandara tersendat.
 
Mereka memprotes terkait pemulangan TKI overstayers dari Arab Saudi yang sebelumnya melalui Balai Pemulangan TKI BNP2TKI.  Namun, sekarang diberlakukan secara mandiri melalui Terminal 2. Hal itu membuat pendapatan mereka menurun, karena TKI tidak lagi naik angkutan mereka.
 
“Dari awal TKI Overstayers dipulangkan secara gratis oleh pemerintah lewat BNP2TKI, dan kami yang mengangkut. Tetapi beberapa hari ini diberlakukan seperti TKI lain, dibolehkan pulang mandiri. Kemarin saja ada 520 TKI yang dipulangkan, tetapi yang ke BNP2TKI  hanya 180 orang. Kalau begini, gimana kita dapat makan," ujar perwakilan sopir, Agus Syafaat.
 
Menurut Agus, sebenarnya pihaknya tidak mempermasalahkan jika para TKI memang benar ingin pulang mandiri karena dijemput keluarga atau keinginan mereka sendiri. Namun faktanya, kebanyakan dari mereka dipaksa calo untuk naik taksi gelap. Akibatnya mereka kerap menjadi korban kriminalitas.
 
"Mereka dihalang-halangi untuk tidak datang ke terminal BNP2TKI.Akhirnya mereka naik taksi gelap. Mereka suka ditipu, bahkan diturunin dijalan. Pihak BNP2TKI dan kepolisian tidak ada yang bertanggung jawab terhadap keselamatan mereka,” ujarnya.
 
Agus menambahkan, pihaknya sendiri sebenarnya bukan melakukan unjuk rasa. Melainkan hendak menuju terminal 2 untuk menjemput para TKI overstayers. "Kami kan angkutan resmi, plat kuning. Sedangkan angkutan yang disana ilegal, tapi didiamkan saja. Ada 100 sopir yang mau kesana," tukasnya.
 
Dia juga menuntut agar kebijakan TKI mandiri yang merujuk Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) No 16/2012  untuk dicabut. "Kita mau minta ketegasan BNP2TKI, untuk mengembalikan TKI pulang melalui terminal BNP2TKI.  Tadi kita juga sudah sepakat dengan Polres Bandara, mereka mau memfasilitasi para sopir dengan  PT Angkasa Pura II untuk mendengar tuntutan kami," tukasya. 
BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill