Connect With Us

Duh..Surat Suara di Kota Tangerang Tertukar

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 9 April 2014 | 14:37

KPU Kota Tangerang Mulai Terima Logistik Pemilu (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

TANGERANG-Surat suara DPRD Provinsi Banten di sejumlah TPS di Kota Tangerang tertukar, Rabu (9/4). Akibatnya, pencoblosan ditunda sementara oleh petugas KPPS setempat.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane mengatakan, bahwa insiden tertukarnya surat suara untuk DPRD Provinsi Banten terjadi di enam TPS. Dimana tiga TPS di Tangerang tertukar dengan TPS di Cibodas, Cipondoh dan Jatiuwung.

"Ada ada yang tertukar. Jadi sementara pencoblosan dihentikan sambil menunggu KPPS menukar surat suara dengan yang benar," katanya.

Menurutnya, proses pemungutan suara tetap berjalan sesuai aturan. Jika dalam batas waktu yang ditentukan, surat suara tidak sempat ditukar kembali, maka pemungutan suara dihentikan.
 "Pemungutan suara ditutup jam 1, sesuai aturan. Lalu dilanjutkan perhitungan suara," ujar Pane.

Terkait jumlah surat suara yang tertukar, Pane belum bisa menyebutkannya karena masih dihitung oleh petugas. "Lagi dihitung," papar singkat.

Sementara itu, di Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, surat suara yang tertukar terjadi di TPS No. 58, 59 dan 62. Petugas sempat menghentikan pemungutan suara selama dua jam.Namun pemngutan suara kembai dilanjutkan tanpa surat suara DPRD Provinsi Banten. Sebab, batas waktu pencoblosan yang kian menipis.

Ketua KPPS TPS No. 58 Suryadi mengatakan, ada sekitar 300 surat suara DPRD Provinsi yang tertukar, dimana seharusnya untuk daerah pemilihan (Dapil) 5, berubah menjadi Dapil 6.
Saat pemungutan suara sempat berjalan selama 30 menit, sudah ada 11 surat suara yang tertukar yang telah dicoblos oleh warga.

"Hal itu baru diketahui sekitar pukul 07.30 WIB, oleh salah satu warga yang hendak mencoblos. Dia melaporkan kalau caleg yang akan dia pilih tidak ada di dalam surat suara. Setelah dicek, ternyata surat suaranya tertukar. Tapi kalau surat suara DPRD Kota Tangerang, DPD Banten dan DPR RI masih benar," katanya.

Kemudian, Suryadi pun langsung menghentikan proses pemungutan suara. Lalu dia melaporkan ke PPS di Kelurahan terkait tertukarnya surat suara. Namun untuk 11 surat suara yang telah dicoblos, pihaknya tetap menyimpannya di kotak suara.

"Setelah dua jam, kita dapat instruksi dari PPS untuk tetap melanjutkan pemungutan suara. Namun tanpa surat suara DPRD Provinsi. Akhirnya yang kita sediakan cuma tiga surat suara untuk DPRD Kota Tangerang, DPD Banten dan DPR RI," pungkasnya.
 
TagsKPU
PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill