Connect With Us

Pelajar Tangsel Pamerkan Kompor Tenaga Surya

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 19 Mei 2014 | 17:46

Pelajar Tangsel Pamerkan Kompor Tenaga Surya (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Pelajar dari SMA Negeri 7 Tangerang Selatan mempamerkan inovasi berupa kompor tenaga surya dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Provinsi Banten di Lapagan Parkir Mall Metropolis, Cikokol, Kota Tangerang, Senin (19/5).
 
Kompor tersebut dibuat oleh Bagaskara Robbiantarto, 17, siswa kelas 2 SMAN 7 Tangsel. Dia menilai kompor tenaga surya selain lebih hemat juga lebih ramah lingkungan dibanding dengan kompor berbahan gas.
 
“Cara kerjanya, sinar matahari ditangkap solar panel, lalu energinya dirubah jadi energi listrik dan disimpan di accu. Listrik dari accu diteruskan ke inverter kemudian dirubah  dari 12 volt ke 220 volt, lalu diteruskanke hiper. Kompor akan memanas secara bertahap sampai maksimum,” ujarnya.
 
Menurut Bagaskara, untuk pembuatan kompor tenaga surya tersebut memakan biaya sekitar Rp 1.750.000. Dengan solar panel 10 watt dan accu 40 Ah, hanya memerlukan waktu 7 jam untuk mengisi energi dari tenaga surya dan bisa dipakai selama 17 jam.
 
“Kalau solar panel nya lebih banyak, bisa mengisi energi lebih cepat. Kompor ini lebih hemat juga, bisa tahan satu tahun, cuma perlu ganti accu saja,” katanya.
 
Dia sendiri telah melakukan uji coba dengan memasak air, telur ayam dan pop corn. Dia berharap dengan memperkenalkan inovasinya di TTG Banten ini, banyak masyarakat tertarik dengan kompor tenaga surya.  “Mudah-mudahan bisa tembus ke TTG tingkat Nasional,” ungkap Bagaskara.
 
Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa Pemprov Banten Sigit Suwitarto mengatakan,  bahwa TTG 2014 ini digelar selain untuk mempromosikan teknologi buatan masyarakat Banten juga untuk mempersiapkan Gelar TTG tingkat Nasional pada Juli 2014.
 
“Teknologi yang unggulan dan terbaik di sini, nanti kita ikut sertakan di tingkat Nasional. Peserta yang ikut akan dinilai oleh pihak BPTP, Depdagri dan Perguruan Tinggi. Yang akan dipilih adalah teknologi yang ramah lingkungan, efisiensi dan bermanfaat bagi masyarakat” katanya.
 
Menurutnya, pada Gelar TTG tahun ini ada 35 stand teknologi dari Provinsi Banten, delapan stand Kabupaten/kota di Banten dan empat stand dari Kota Tangerang.
“Peserta kali ini banyak yang memamerkan teknologi yang kreatif dan inovatif. Pada Gelat TTG Nasional tahun lalu dimenangkan oleh Kota Tangsel dengan inovasi alat packing yang lebih murah dan ramah lingkungan dari buatan Jepang,” ujarnya.
 
TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

KOTA TANGERANG
Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Lakukan Ini untuk Cegah Flu Singapura

Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Lakukan Ini untuk Cegah Flu Singapura

Senin, 29 April 2024 | 19:18

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan dan kekuatan imunitas, untuk mencegah tertular flu singapura yang saat ini tengah marak.

NASIONAL
Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Senin, 29 April 2024 | 18:31

PT PLN (Persero) terus melakukan transformasi perusahaan berbasis digital dan pengembangan teknologi sistem kelistrikan seiring dengan langkah transisi energi.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill