Connect With Us

Gawat, Normalisasi Ciliwung Cisadane Terhambat

| Sabtu, 9 Oktober 2010 | 16:07

Petugas Tagana (tangerangnews / dens)

 

TANGERANGNEWS-Proyek normalisasi sungai Ciliwung-Cisadane sebagai salah satu langkah pemerintah untuk menyiasati banjir di Jakarta dan Tangerang masih terhambat sejumlah persoalan. Selain terbatasnya anggaran untuk mengerjakan proyek tersebut, pemerintah juga terhambat oleh persoalan pembebasan lahan.
 
"Cisadane sudah mulai dikerjakan di beberapa segmen sejak tahun lalu. Ciliwung sudah turun Keppres-nya untuk mulai revitalisasi. Tapi kami masih terhambat masalah pembebasan lahan dan dana. Untuk tanah mana saja yang masih harus dibebaskan kami tunggu dari Pemerintah Provinsi DKI," ujar Kepala Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane Pitoyo Subandrio ketika dihubungi Sabtu (9/10).

Normalisasi Ciliwung Cisadane, menurut dia, bertujuan mengembalikan fungsi sungai sebagai saluran air dan bukan sebagai tempat sampah yang seperti terjadi saat ini. Ia menyatakan, normalisasi itu juga akan meliputi kegiatan menata bantaran sungai sehingga daerah itu bebas hunian liar.

"Kami perlu lakukan pembebasan lahan karena banyak warga yang sudah bertahun-tahun menghuni area bantaran sungai bahkan area sungai itu sendiri. Padahal idealnya ada jarak antara bantaran sungai dengan areal pemukiman," jelasnya.

Proyek normalisasi Ciliwung, lanjutnya, akan dimulai pada Januari tahun depan dan ditargetkan selesai pada 2014 dengan alokasi dana sekitar Rp100 miliar. Dalam rancangan normalisasi, kali Ciliwung yang berliku nantinya akan diluruskan. Sisa lahan pelurusan digunakan memperluas kali sehingga dapat menampung kapasitas air yang lebih besar. (dira)
 
KOTA TANGERANG
Siap-siap, Kota Tangerang Bakal Punya Wali Kota Baru dalam Sehari 

Siap-siap, Kota Tangerang Bakal Punya Wali Kota Baru dalam Sehari 

Jumat, 17 Mei 2024 | 14:23

Tangerang akan memiliki wali kota baru, yang hanya bertugas dalam sehari, tepatnya pada Senin, 20 Mei 2024 mendatang.

BANTEN
Lapas dan Rutan di Banten Over Kapasitas 59%

Lapas dan Rutan di Banten Over Kapasitas 59%

Jumat, 17 Mei 2024 | 00:05

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten mencatat lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di wilayah tersebut mengalami over kapasitas atau overcrowded mencapai 59,76%.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

NASIONAL
PLTA Jatigede Rampung Dibangun, Kapasitasnya 2 x 55 MegaaWatt

PLTA Jatigede Rampung Dibangun, Kapasitasnya 2 x 55 MegaaWatt

Kamis, 16 Mei 2024 | 14:18

PT PLN (Persero) telah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede dengan kapasitas 2 x 55 MegaWatt (MW) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis, 16 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill