Connect With Us

Sempat Semrawut, Pasar Anyar Tangerang Direvitalisasi Agustus Tahun Ini

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 27 Juli 2023 | 13:20

Ilustrasi rancangan hasil revitalisasi Pasar Anyar Kota Tangerang (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Pasar Anyar yang berlokasi Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, akhirnya akan direvitalisasi oleh pemerintah pusat usai kerap ditertibkan lantaran semrawut dan tampak kumuh.

Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR Esi Esiah mengatakan, proyek Revitalisasi Pasar Anyar akan mulai digelar pada semester kedua 2023. 

"Jadi bulan Agustus dan September kita mulai lelang dan mudah-mudahan akhir September bisa dimulai pembangunannya," ujar Esi di Ruang Rapat Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu, 26 Juli 2023.

Baca Juga: Bikin Semrawut, Pedagang Nakal di Pasar Anyar dan Ciputat Gencar Ditertibkan 

Esi menargetkan proyek revitalisasi Pasar Anyar selesai dibangun pada semester pertama 2024, sehingga dapat segera beroperasi sebagaimana mestinya.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menyebut akan membantu proses revitalisasi dari pasar tradisional yang berdiri sejak 1967 silam itu dengan menginstruksikan sejumlah OPD untuk menyiapkan kebutuhan yang diperlukan.

Dikatakan Arief, proses revitalisasi akan dimulai pada pekan kedua Agustus 2023 dengan melakukan sosialiasi terhadap 1.300 pedagan dan 300 PKL di Pasar Anyar Kota Tangerang.

"Agendakan untuk sosialisasi, petakan di mana tempat mereka berdagang selama proses revitalisasi berlangsung. Siapkan juga manajemen waktunya, karena jumlah pedagangnya cukup banyak," terangnya.

Baca Juga: Pasar Anyar Tangerang Semrawut, Pedagang Tumpah ke Jalan hingga Bikin Macet 

Lebih lanjut Arief menjelaskan, tahapan sosialisasi kepada pedagang ditargetkan selesai dalam waktu dua pekan untuk selanjutnya direlokasi dengan target rampung pada akhir Agustus 2023.

Terkait relokasi, Arief menyiapkan Lahan Fasos Fasum Modern Land dan juga gedung pertokoan yang berada di dekat Tangerang Convention Center (TCC), serta satu lokasi lagi di Selapajang untuk digunakan para pedagang dan PKL Pasar Anyar berniaga selamaa proses pembangunan masih berlangsung.

"Bulan Oktober mulai rencana pemetaan kembali untuk lokasi baru pedagang, jadi saat bangunan selesai, sudah jelas lokasi usaha dari tiap - tiap pedagang," tutupnya.

Sebelumnya, wacana revitalisasi Pasar Anyar sudah ada pada 2018 lalu. Di mana penataan pasar utama yang dimiliki PD Pasar Jaya Kota Tangerang tersebut akan menghabiskan dana sebesar Rp100 miliar

NASIONAL
Catat! Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Ada Long Weekend

Catat! Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Ada Long Weekend

Senin, 29 April 2024 | 09:22

Bulan Mei 2024 akan diwarnai dengan sejumlah libur nasional dan cuti bersama.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill