Connect With Us

Rawan Sebabkan Kecelakaan, Simak 7 Tips Aman Berkendara di Dekat Truk

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 27 September 2023 | 20:01

Truk langgar pembatasan jam operasional di Kota Tangerang, Senin 28 Agustus 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com- Truk merupakan kendaraan berat sering terlibat dalam kecelakaan di jalan raya, baik kadsna rem blong maupun faktor lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya pengendara berusaha menghindari truk saat di jalan guna menghindari risiko.

Namun, terdapat beberapa kondisi di mana truk menyalahi jam operasional sesuai aturan yang berlaku di wilayah setempat, sehingga tak jarang aktivitas mobilitas masyarakat berbarengan dengan truk yang melintas.

Tentunya hal ini amat berbahaya lantaran meningkatkan risiko kecelakaan, terutama di wilayah Tangerang yang kerap dilintasi truk-truk berukuran raksasa.

Seperti yang baru-baru ini terjadi, seorang guru tewas terlindas truk usai sepeda motor yang dikendarainya membentur ban belakang tengah sebelah kiri truk saat hendak menyalip di Perempatan Shinta, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Bojong Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Selasa 26 September 2023, pagi.

Untuk menghindari kejadian tidak diinginkan, berikut beberapa tips aman berkendara di dekat truk seperti dilansir dari kanal YouTube HR Info, Kamis, 28 September 2023.

1. Jaga Jarak Aman

Tips utama adalah menjaga jarak aman dengan truk. Truk memiliki blind spot di berbagai titik, termasuk samping kiri, kanan, depan, dan belakang. 

Jaga jarak untuk mengantisipasi pergerakan truk, terutama saat pengereman mendadak atau tanjakan.

2. Beri Isyarat dengan Klakson atau Lampu

Jika ingin mendahului truk, berikan isyarat dengan klakson atau lampu. Ini membantu sopir truk menyadari keberadaan kendaraan di sekitarnya.

3. Berikan Ruang yang Cukup Saat Menyalip

Pastikan ada ruang cukup dan jaga jarak aman saat akan menyalip. Hindari memaksakan diri masuk ke celah yang terlalu dekat, mengingat blind spot truk yang bisa membahayakan kendaraan lain.

4. Perhatikan Arah Laju Truk

Perhatikan arah laju truk dan isyaratnya. Jika truk akan belok atau parkir, berhentilah dan tunggu hingga aman untuk melanjutkan perjalanan.

5. Pahami Kekurangan Truk

Truk memiliki daya pengereman terbatas karena dimensinya yang besar. Beri cukup ruang bagi truk untuk bergerak, dan jangan memaksakan kendaraan terlalu dekat.

6. Jaga Kinerja Kendaraan

Selain menerapkan prinsip berkendara aman, perhatikan kondisi kendaraan secara rutin dengan melakukan servis agar selalu dalam kondisi prima.

7. Berdoa Sebelum Bepergian

Terakhir, namun tak kalah penting ialah berdoa sebelum bepergian. Apapun keyakinan Anda, berdoa sebelum berkendara adalah langkah penting karena segala sesuatu terjadi atas izin Allah.

Demikian beberapa tips aman saat berkendara di dekat truk. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda!

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill