Connect With Us

Sistim Pelayanan Digital KTP Kota Tangerang Jadi Pilot Project

| Kamis, 28 April 2011 | 17:39

Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Rina Hernaningsih ( / )


 
TANGERANG-Pembangunan di Kota Tangerang, di era kepemimpinan Wali Kota Wahidin Halim menunjukkan kemajuan yang signifikan. Dalam pelayanan publik, Pemkot Tangerang menjadi pilot project atau proyek percontohan sistem digital dalam pembuatan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) baik di tingkat daerah maupun nasional.
 
Sistem ini dilengkapi dengan komputerisasi, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) on line dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) online. Dengan sistem ini masyarakat yang hendak mengurus administrasi kependudukan tidak perlu menunggu waktu lama untuk memperoleh kebutuhan administrasi tersebut, karena sistem komputerisasi akan mempercepat dan memudahkan pendataan mulai dari pendaftaran hingga entri data.
 
Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Rina Hernaningsih mengatakan, sistem tersebut saat ini telah dikembangkan, salah satunya di Kecamatan Pinang. Di lokasi pelayanan tersedia delapan loket dan para petugas yang selalu siap melayani masyarakat dalam hal pengurusan administasi.
 
“Sistem ini seperti sistem antrian di Bank, masyarakat tinggal datang ke loket sambil membawa kelengkapan administrasi. lalu disitu ada alat yang terdapat tombol pembuatan KTP, KK dan Kartu Multiguna. Kalau ingin membuat KTP, tinggal dipencet saja tombolnya. Lalu nanti keluar nomor antriannya. Jika nomor antrian sudah dipanggil, pemohon KTP langsung masuk ke ruangan lalu difoto. Tidak kurang dalam waktu 10 menit sudah jadi, tentunya tanpa biaya alias gratis,” katanya.
 
Menurutnya, system digital dalam pembuatan KK dan KTP ini baru diterapkan di Kecamatan Pinang. Rencananya, pada akhir tahun semua Kecamatan di Kota Tangerang sudah meneratpak sistem tersebut.
 
Rina menambahkan, Disdukcapil juga telah mensosialisasikan program e-KTP (KTP elektronik) dan administrasi lainnya yang rencanany akan diterapkan mulai bulan Agustus 2011. Selain itu, Pemutakhiran data atau validasi penduduk di masing-masing wilayah Kota Tangerang juga telah dilakukan. Menurutnya, saat ini pihaknya saat ini tinggal menunggu material e-KTP yang sedang ditenerkan di Kementerian Dalam Negeri.
 
“e-KTP ini dimaksudkan selain dalam rangka tertib administrasi kependudukan serta mempermudah pelayanan administrasi kependudukan. Kita sudah siap untuk menerapkannya,” tuturnya.(Advetorial)

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill