Connect With Us

Ribuan Umat Hindu Hadiri Ritual Adhi Tiruwila di Kota Tangerang

| Minggu, 24 Juli 2011 | 18:04

Umat Hindu melaksanakan ritual suci Adhi Tiruwila di kuil Shry Bathra Kaliamman, Komplek Puri Metropolitan Krisan Asri V, Blok B3 No. 20, Kelurahan Gondrong Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu (24/7) ( / )

TANGERANG-Sekitar 1.500 umat Hindu dari dalam dan luar negeri menghadiri ritual suci Adhi Tiruwila atau disebut Durga Puja di kuil Shry Bathra Kaliamman, Komplek Puri Metropolitan Krisan Asri V, Blok B3 No. 20, Kelurahan Gondrong Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu (24/7). Ritual ini dilaksanakan agar bangsa dan Negara Indonesia terhindar dari musibah dan masalah negara yang terjadi saat ini.
 
Upacara ritual keagamaan yang dipimpin oleh gurukal Thaya Rajabal ini berlangsung meriah. Selain dihadiri umat hindu dari berbagai daerah di Indonesia, juga dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Sri Lanka, India dan Australia.
 
Menurut Ketua Pelaksana Acara yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Agama Hindu Pusat As Kobalen, ritual "Adhi Tiruwila" ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia khususnya warga Indonesia dari kondisi bangsa yang saat ini semaki buruk.
 
“Kita melihat tren bangsa saat ini semakin buruk, pemimpin kita sedang dalam keraguan. Jadi kita sebagai umat Hindu yang diakui di Indonesia minimal membantu dengan berdoa agar kembali ke kondisi pemerintahan yang lebih baik,” ungkapnya.
 
Kobalen mengatakan, ritual dilaksanakan sejak Jumat (22/7) kemarin hingga puncak acaranya pada Minggu (24/7), hari ini. Sebelum melakukan ritual Adhi Tiruwila, kata Kobalen, umat biasanya Hindu melakukan tirakat puasa selama 24 hari, tidak melakukan hubungan seksual, tidak makan semua jenis daging dan garus tinggal di tepat yang bersih.
 
Kemudian juga melakukan Nazar dengan berjalan di Bara api, tusuk lidah, naik golok dan menusuk badan dengan kail yang telah digantung dengan jeruk nipis. “Serta menjujung tungku susu suci sebagai ungkapan bayar nazar atas niat sucinya dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Kobalen.
 
Sedangkan dalam upacara Adhi Tiruwila, lanjut Kobalen, dilakukan ritual mengangkat Mahkota Dewi Durga yang dibuat sedemikian rupa dari Daun Intaran dan 3 warna bunga, yakni merah, kuning serta putih.
 
Kobalen menambahkan, dalam upacara ini para umat yang hadir juga diminta agar menghargai umat yang berbeda agama, seperti bertoleransi terhadap kaum muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa pada Bulan Agustus besok. “Pada bulan Ramadan besok kita juga ikut campur, ritual besar ini yang biasanya kita lakukan dengan suara keras nanti kita lakukan dengan pelan agar tidak menganggu ibadah umat muslim,” katanya.(RAZ)

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

NASIONAL
Sukses Jalankan Dekarbonisasi, PLN Raih Penghargaan Mata Lokal Award

Sukses Jalankan Dekarbonisasi, PLN Raih Penghargaan Mata Lokal Award

Senin, 20 Mei 2024 | 12:40

PT PLN (Persero) meraih penghargaan Mata Lokal Award kategori Best Impact in Environment of The Year atas komitmennya dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia, penghargaan ini diumumkan di Jakarta, 17 Mei 2024.

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill