Connect With Us

Pemkot Kembangkan Drainase dengan Sumur Resapan

| Kamis, 30 Agustus 2012 | 17:56

Sidak Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam pengembangan drainase. (tangerangnews / dira)

Reporter : Rangga A Zuliansyah 

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang sedang mengembangkan program pembuatan saluran drainase dengan sumur resapan di Jalan M Yamin, Kecamatan Tangerang. Program ini merupakan proyek percontohan dimana saat ini tengah memasuki tahap finishing.
 
Wakil Wali Kota Tangerang H Arief R Wismansyah mengatakan, program ini merupakan sebuah terobosan karena berbeda dari sistem drainase yang sudah ada. Titik keunggulannya yakni, dibuatnya resapan air di dalam saluran drainase. Sehingga dapat menyerap air lebih banyak, terutama saat musim hujan.
 
“Dengan sistem ini diharapkan tidak terjadi genangan air saat hujan. Karena drainase tidak hanya mengalirkan tapi juga mampu menyerap air.” ujarnya saat meninjau langsung pembuatan saluran drainase dengan sumur resapan di Jalan M Yamin, Kamis (30/08).
 
Dijelaskan Arief, sumur resapan dibangun dengan membuat lubang di saluran drainase dan menutupnya dengan  media penyaring (filter) yang terdiri dari kerikil, pasir, ijuk dan ditutup menggunakan plat filter, kemudian ditutup dengan batu kali. Sehingga air yang meresap sudah mengalami proses penyaringan dan  airnya memenuhi standar baku.
 
Arief menambahkan bahwa sumur resapan yang dibangun sepanjang Jalan M Yamin berjumlah 45 titik yang berada di sisi kanan dan kiri jalan. Setiap sumur resapan dibuat sedalam 1 meter dengan diameter 80 cm.
 
“Sejauh ini orang hanya berfikir untuk menyedot air dari dalam bumi tapi tidak pernah berfikir bagaimana memasukan air ke dalam bumi. Jadi, program ini diharapkan dapat terus dikembangkan di seluruh wilayah Kota Tangerang karena sangat bermanfaat dalam meminimalisir genangan air di jalan.,” imbuhnya lagi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

MANCANEGARA
Terima Transplatasi Ginjal Babi, Pria Ini Malah Dinyatakan Meninggal 

Terima Transplatasi Ginjal Babi, Pria Ini Malah Dinyatakan Meninggal 

Selasa, 14 Mei 2024 | 11:45

Nasib tragis dialami Rick Slayman, 62, pria asal Weymouth, Massachusetts, Amerika Serikat dinyatakan meninggal dunia Sabtu, 11 Mei 2024, lalu, setelah belum lama menjalani operasi transplantasi ginjal babi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill