Connect With Us

Peringatan Sumpah Pemuda ala Anak Jalan di Kota Tangerang digelar

| Minggu, 28 Oktober 2012 | 22:34

Tampak Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah membacakan puisi karangannya sendiri dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan anak jalanan. (tangerangnews / dira)

 
TANGERANG-Peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini Minggu (28/10) dilakukan dengan cara berbeda oleh kaum pesisir cisadane Blosso Club, Sanggar Empat Satoe dan KNPI Kota Tangerang.
 
Ya, peringatan dilakukan dengan cara menggelar pertunjukan seni budaya di sisi Sungai Cisadane seberang Robinson pada malam tadi.  Menariknya, dalam acara tersebut hadir sejumlah kelompok, mulai dari pengamen jalanan, anak langit dan juga kelompok pecinta budaya di Kota Tangerang. Dalam acara tersebut juga hadir Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Pembina Blosso Club Bagoes Taftayaji, Bang Ubet Pimpinan Sanggar Empat Satoe, Sumangku Getar Ketua Blosso Club, Kepala Dinas Pemuda ,Olahraga, Budaya dan Pariwisata Gatot Suprijanto serta mantan Kepala Dinas Kebersihan Kota Tangerang Maryoris Namaga.
Dalam acara tanpa tenda itu, hanya dengan dibantu cahaya lampu dan suara mikrofon dari mobil serba guna Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Tangerang,  serta dihiasi lilin ditepi sungai terlihat begitu menarik.
 
Ditambah dengan sejumlah puisi dan syair yang bertebaran serta tembang-tembang nyanyian  memancarkan nasionalisme yang mendalam.
Sumangku Getar menyatakan dalam sambutannya, acara tersebut bebas didatangi semua orang, kecuali monyet. “Ya, kecuali monyet yang bergelantungan yang berpindah-pindah,” ujar Sumangku.  
 
Dia juga mengatakan, silahkan berpendapat berbeda  dan mencibir dengan acara yang digelarnya itu. Namun, dia menerangkan tak ada sepeserpun dari donator. “Kami benar-benar patungan, ada yang seribu, dua ribu dan ada yang lebih dari itu. Perbedaan adalah sebuah rahmat. Mari menjaga kebersamaan. Dulu di sini adalah tempat rumah gubuk, kami dilahirkan di sini. Saat ini saya pinjam gubuk lama dipajang di sini untuk beberapa jam kedepan. Dulu di sini ini menjadi tempat jin buang anak,” ujar Sumangku.

Sementara itu, Sanggar Satoe Empat Satoe yang dimpimpin Bang Ubet menggelar syair dengan judul ‘Doa kami diatas nyanyian setan’.  Salah satu bait yang tertuang di dalamnya adalah, mempertanyakan kepada tuhan kenapa bencana tsunami hanya terjadi diserambi mekah. Kenapa tidak diseluruh penjuru negeri ini disapu. Alasannya agar seluruh pemimpin di Negeri ini juga merasakan hal yang sama.
 
Sedangkan Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah  dalam sambutannya menyatakan, acara yang digelar malam itu sangat berkesan dan dirinya bersama Kepala Dinas Pemuda , Olahraga, Budaya dan Pariwisata Gatot Suprijanto sangat tertegun. “Kami sangat  mengapresiasi acara ini sangat luar biasa. Saya salut buat panitianya. Ini bukti Kota Tangerang adalah kota  yang memiliki keberagaman. Kota Tangerang harus menjadi kota yang berekspresi,” tuturnya.  
 
“Kita hidup di dalam detak-detak jantung keanekaragaman.  Seharusnya acara seperti ini dirutinkan, tidak hanya peringatan sumpah pemuda. Sebelum perjalanan,saya bahkan sempat  menulis puisi, karena tadi panitia meminta saya membacakan puisi juga,” pungkasnya.
 
Arief pun kemudian membaca puisi hasil karangannya itu, dengan judul ‘Kota kita, kota Tangerang’. Acara kemudian dilanjutkan dengan alunan lagu dari Anak Langit Band yang isinya soal Sungai Cisadane.

KOTA TANGERANG
Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:53

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen meningkatkan program pelestarian potensi cagar budaya.

SPORT
Persikota Tangerang Taklukkan Kartanegara FC dengan Skor 1-0

Persikota Tangerang Taklukkan Kartanegara FC dengan Skor 1-0

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:33

Persikota Tangerang memastikan poin penuh dalam laga lanjutan 80 Besar Liga 3 Nasional.

NASIONAL
Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Sabtu, 4 Mei 2024 | 13:18

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut adanya potensi terbentuknya industri ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

TEKNO
Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Sabtu, 4 Mei 2024 | 12:42

Media sosial di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi Meta, Instagram resmi akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill