Connect With Us

Warga Tangerang Diminta Siaga, Bendungan Pasar Baru Sirenenya Bunyi

| Selasa, 15 Januari 2013 | 16:37

Warga Tangerang Diminta Siaga, Bendungan Pasar Baru Sirenenya Bunyi (tangerangnews / dira)

 

TANGERANG-Debit air Sungai Cisadane di Bendungan Pasar Baru (Pintu Air Sepuluh), mendekati siaga satu, sejak Selasa (15/1) pagi.
 
Sekitar pukul 08.00 WIB, debit air mencapai 463,3 meter kubik per detik dengan ketinggian mukai air 8,80 meter. Bahkan, petugas Bendungan Pasar Baru telah membunyian sirine peringatan agar warga siap siaga.

 Menurut, Kepala Bendungan Pasar Baru Sumarto, Sungai Cisadane memasuki siaga satu jika ketinggian muka air diatas sembilan meter.

Sementara ketinggian normalnya adalah 12,40-12,50 meter dan debit air 40-50 meter kubik per detik. “Saat ini sudah mencapai 8,80 meter, sudah mendekati siaga satu,” katanya.

 Sumarto menjelaskan, tingginya debit air didominasi kiriman air dari Bogor. Sedangkan hujan di wilayah Tangerang tidak terlalu mempengahuhi. Debit air, kata dia, akan terus bertambah hingga sore nanti.
 
“Berdasarkan informasi dari Pos Curah Hujan di Batu Belah Bogor, ketinggian air disana pada pukul 06.00 WIB, mencapai 4 meter dan pada pukul 09.00 WIB, meningkat menjadi 5,30 meter. Diperkirakan sampai ke Tangerang sekitar 5-6 jam atau pukul 15.00 WIB,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan, jika debit air bertambah, wilayah Kota Tangerang yang berpotensi banjir adalah Pondok Arum dan Total Persada. Hal itu disebabkan air dari Kali Sabi yang seharusnya mengali ke Sungai Cisadane berbalik arah akibat debit air yang terlalu tinggi. “Kemungkinan air dari Cisadane malah masuk ke Kali Sabi, sehingga wilayah rendah yang dilewati kali Sabi akan banjir,” papar Sumarto.
 
Saat ini, kata Sumarto, pihaknya terus memantau debit air Sungai Cisadane dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tangerang. Jika air sudah masuk siaga satu, pihaknya akan menyalakan menyalakan sirine sebagai peringatan banjir. (RAZ)
 
SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

NASIONAL
PLTA Jatigede Rampung Dibangun, Kapasitasnya 2 x 55 MegaaWatt

PLTA Jatigede Rampung Dibangun, Kapasitasnya 2 x 55 MegaaWatt

Kamis, 16 Mei 2024 | 14:18

PT PLN (Persero) telah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede dengan kapasitas 2 x 55 MegaWatt (MW) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis, 16 Mei 2024.

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill