Connect With Us

KPUD Akan Pidanakan Caleg Pemalsu Dokumen

| Senin, 1 April 2013 | 17:52

Syafril Elain (tangerangnews / dira)


TANGERANG-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangerang akan langsung mempidanakan calon legislatif (caleg) yang kedapatan menyertakan dokumen palsu saat mendaftar. Hal tersebut sesuai ketentuan Pasal 64 UU No.8 tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif.


"Isinya, apabila ditemukan dugaan tindak pemalsuan dokumen atau persyaratan, maka KPUD Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Kepolisian untuk menindaklanjutinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan," jelas Ketua KPUD Kota Tangerang Syafril Elain,  Senin (1/4).

Jadi, kata Syafril, para pengurus partai politik disarankan agar lebih teliti memeriksa dokume para calegnya, sebelum melakukan pendaftaran pada 9-22 April mendatang.
 "Terutama pada ijazah, karena dari tahun ketahun ijazah paling rentan untuk dipalsukan," katanya.

Seusai pendaftaran pencalegan ditutup atau selepas tanggal 22 April, KPUD akan melakukan verifikasi data. Sehingga, bila ditemukan dugaan dokumen palsu, KPUD akan langsung melaporkan ke Polres Metro Tangerang Kota.

"Langsung dilaporkan, tanpa melalui proses Panwaslu Kota Tangerang. Ini sudah sesuai yang diamanatkan UU No 8/2012," ucap Syafril.

Ketatnya pengawasan yang dilakukan, memang belajar pula dari pengalamannya semasa jadi Panwaslu dua periode.
Pada 2003-2004 pelaksanaan pencalegan juga didapati dokumen palsu, begitu juga pada 2008-209 kembali ditemukan adanya calon caleg yang mendaftar dengan menyertakan dokumen palsu. Semua temuan ditahun tersebut langsung dipidanakan.

"Setiap ada pemilu di Kota Tangerang ini, di 2004 dan 2009 selalu saja ditemukan pelanggaran dalam bentuk pemalsuan dokumen," ujar Syafril.

Untuk itu, pada pelaksanaan pemilu legislatif 2014 nanti, Syafril meminta para calon caleg dan partai yang mengusungnya lebih berhati-hati dan teliti untuk meloloskan dokumen caleg kepada KPUD Kota Tangerang.(RAZ)

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill