Connect With Us

PM Rumania Mundur akibat 32 Orang Tewas di Kelab Malam

EYD | Rabu, 4 November 2015 | 09:12

Victor Ponta mengumumkan pengunduran dirinya kepada awak media di Rumania (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG - Perdana Menteri (PM) Rumania Victor Ponta mundur dari jabatannya, Rabu (4/11), hanya berselang beberapa jam setelah massa berunjuk rasa menuntut pelengseran kabinet pemerintahan.

Seperti dilansir Reuters, massa menggelar aksi protes lantaran total korban dalam kebakaran di kelab malam Bucharest, Rumania, mencapai 32 jiwa. Hal ini dianggap merupakan puncak dari korupsi pemerintah dan buruknya pengawasan keselamatan.

Sebelumnya, Ponta memang sudah diadili atas tuduhan korupsi. Dia menjadi Perdana Menteri pertama Rumania yang dibawa ke meja hijau karena kasus korupsi. Ponta juga sudah mendapat tekanan untuk mundur dari Presiden Klaus Iohannis, orang yang mengalahkannya dalam pemilu presiden pada November lalu.

Namun, Ponta berkali-kali menolak mundur dan bertekad untuk menyelesaikan masa jabatannya hingga 2016, ketika Rumania dijadwalkan menggelar pemilu parlemen selanjutnya. “Saya dapat bertahan dalam perang politik, tapi saya tak dapat melawan rakyat,” kata Ponta ketika mengumumkan pengunduran dirinya.

Lengsernya Ponta dapat menyebabkan perubahan besar dalam politik Rumania, di mana koalisi tiga partai membentuk mayoritas di parlemen. Presiden Klaus Iohannis selaku mantan pemimpin oposisi mengatakan bahwa dia ingin membuat partai Liberal kembali memegang kuasa.

“Victor Ponta melepas mandatnya. Seseorang harus bertanggung jawab atas apa yang sudah terjadi. Ini adalah masalah serius dan kami berjanji akan memberikan resolusi cepat terhadap situasi ini,” ujar Iohannis.

Kisruh politik ini juga mengguncang perekonomian Romania yang akhirnya mengalami penurunan 0,3 persen.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

NASIONAL
Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Senin, 29 April 2024 | 18:31

PT PLN (Persero) terus melakukan transformasi perusahaan berbasis digital dan pengembangan teknologi sistem kelistrikan seiring dengan langkah transisi energi.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill